PENGGUNAAN APLIKASI INSTRUMEN HAMBATAN KOMUNIKASI PADA ASPEK ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK BERBASIS TI OLEH GURU BK DI SMP KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

Authors

  • Nurul Ilmi Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Citra Imelda Usman
  • Rahmawati Wae

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2639

Abstract

Abstract: This research was motivated by the use of an IT-based communication barrier instrument application for interpersonal aspects of students that had not been used by all guidance and counseling teachers and was only in the validation process by 2 guidance and counseling teachers at one of the junior high schools in Kuranji District, Padang City, which was carried out by previous researchers. The purpose of this research is to determine the use of communication barrier instrument applications on interpersonal aspects of IT-based students by guidance and counseling teachers at Kuranji District Middle School, Padang City. This type of research uses research and development (R&D) methods. The development procedure used in this research includes 2 steps, namely: trial use and product revision. Validation of the use of communication barriers instruments in the interpersonal aspect has four assessment aspects, namely: appearance aspect, use aspect, accuracy aspect, language aspect. The population in this study were all guidance and counseling teachers in Kuranji District, Padang City. Meanwhile, the number of samples was 8 people from each of 3 schools, namely SMPN 27 Padang, SMP Muhammadiyah 7 Padang and SMP IT Adzkia Padang. The sampling technique is cluster random sampling. The instrument used is a questionnaire containing an application assessment format. The results of this research are: Based on the results of using the application, the application of the communication barrier instrument on the interpersonal aspects of IT-based students is effective in its use based on the results of use by guidance and counseling teachers at Kuranji District Middle School, Padang City. This research is recommended for guidance and counseling teachers to be able to use the communication barriers instrument application on interpersonal aspects based on IT to see communication barriers on interpersonal aspects of students, so that guidance and counseling teachers can provide appropriate guidance and counseling services.

               Keywords: Use of Instrument Applications

 

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan aplikasi instrumen hambatan komunikasi pada aspek antar pribadi peserta didik berbasis TI  belum digunakan oleh semua guru BK dan baru pada proses validasi oleh 2 orang guru BK di salah satu SMP Kecamatan Kuranji Kota Padang yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan aplikasi instrumen hambatan komunikasi pada aspek antar pribadi peserta didik berbasis TI oleh Guru BK di SMP Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 2 langkah yaitu: uji coba pemakaian dan revisi produk. Validasi penggunaan instrumen hambatan komunikasi pada aspek antar pribadi memiliki empat aspek penilaian yaitu: aspek tampilan, aspek penggunaan, aspek ketepatan, aspek bahasa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru BK di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Sedangkan jumlah sampel sebanyak 8 orang dari masing-masing 3 sekolah yaitu SMPN 27 Padang, SMP Muhammadiyah 7 Padang dan SMP IT Adzkia Padang. Teknik pengambilan sampel ialah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner berisi format penilaian aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah : Berdasarkan hasil penggunaan aplikasi bahwa aplikasi instrumen hambatan komunikasi pada aspek antar pribadi peserta didik berbasis TI efektif penggunaannya berdasarkan hasil pemakaian oleh guru BK di SMP Kecamatan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini di rekomendasikan kepada guru BK agar dapat menggunakan aplikasi instrumen hambatan komunikasi pada aspek antar pribadi berbasis TI untuk melihat hambatan komunikasi aspek antar pribadi pada peserta didik, sehingga guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling yang sesuai.

Kata Kunci: Penggunaan Aplikasi Instrumen


References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rinneka Cipta.

Artamevia Nadya, Usman Citra Imelda & Mulyani Rila Rahma. (2023). Pengembangan Instrumen Hambatan Komunikasi Pada Aspek Psikologis Peserta didik Berbasis Teknologi Informasi di SMPN 10 Padang. Guiding World Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 159-170.

Astuti, Popi, Usman Citra Imelda & Puta Fuaddillah. (2023). Pengembangan Instrumen Hambatan Komunikasi Aspek Antar Pribadi Berbasis Teknologi Informasi (TI) Pada Peserta Didik.Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1797–1808.

Azhar, A. (2018). Komunikasi Antar Pribadi: Suatu Kajian dalam Perspektif Komunikasi Islam. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, 8(1), 79–91.

Devianti, Rika & Suci Lia Sari. (2021). Penggunaan Aplikasi Instrumentasi pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1), 71–81.

Fahmi, Khairul, Agus Tri Haryono, Indah Fitri Astuti & Dedy Cahyadi. (2016). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Multitenant. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(1), 1-8.

Firsty Aufirandra, Bunga Adelya & Syifa Ulfah. 2017. Komunikasi mempengaruhi tingkah laku individu.JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 2(2), 9–15.

Hardjana. (2011). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisum

Herlinda, Fitra, Hasgimianti Hasgimianti, Irawati Irawati, dan Raja Rahima. (2020). Problematika Penerapan Instrumentasi Daftar Cek Masalah di Sekolah Menengah Pertama Kota Pekanbaru. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(1), 30–39.

Lestari, Dwi, Hamidah Ayu Umniyati, dan Tarida Rachelina Naomi. (2022). Upaya Peningkatan Tata Krama dan Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal APA, 1 (1), 11-27.

Mahadi, Ujang. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90.

Mariance. (2016). Perkembangan Media Pemberlajaran Berbasis ICT Mengacu Kurikulum SD. 2013 Sub tema Bersyukur Atas Keberagaman untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalasan 1 [Skripsi]. Yogyakarta:Universitas Sanata Darma.

Muchtar, Khoiruddin, Iwan Koswara & Agus Setiaman. (2016). Komunikasi antar budaya dalam perspektif antropologi. Jurnal manajemen komunikasi, 1(1), 113-114.

Putera, Juftiar Mahendra Zainur, & Tamsil Muis. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Aplikasi Instrumentasi Bimbingan Dan Konseling Di Smp Dan Sma Negeri Kota Sumenep. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling 1(1), 100–110.

Safitri, Bela. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat terhadap Sekolah Alam Pangandaran. Ekodestinasi 1(1), 1-6.

Solina, Wira, & Usman Citra Imelda (2020). Profil Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Perempuan dalam Proses Perkuliahan. Al-Irsyad, 10(2), 224-232.

Syarqawi, Ahmad & Mustafa Habib. (2023). Identifikasi masalah anak dengan menggunakan aplikasi instrumentasi di desa prapat janji. Junal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–15.

Tohirin. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah berbasis ntegrasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-10-25

How to Cite

Ilmi, N., Usman, C. I., & Wae, R. (2024). PENGGUNAAN APLIKASI INSTRUMEN HAMBATAN KOMUNIKASI PADA ASPEK ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK BERBASIS TI OLEH GURU BK DI SMP KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 144–153. https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2639

Citation Check