EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Di SMAN 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat)
DOI:
https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2629Abstract
: Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik meneriaki temannya ketika salah, adanya peserta didik yang mengucilkan temannya, adanya peserta didik yang memandang sinis temannya yang bermasalah dan Guru BK sudah melaksanakan bimbingan kelompok namun belum menggunakan metode role playing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Gambaran perilaku bullying sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing. 2) Gambaran perilaku bullying setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing. 3) Efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing mengatasi perilaku bullying.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One-Group_Posttest Design. Populasi Dalam penelitian ini berjumlah 288 da sampel yang digunakan sebanyak 10 orang peserta didik yang memiliki perilaku bullying yang diambil dengan menggunkan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi sedangkan analis data persentase pretest & posttest menggunakan skor interval dan menggunakan uji normalitas dan uji t.
Hasil penelitian tentang Efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing mengatasi perilaku bullying mengungkapkan bahwa : 1) Gambaran perilaku bullying sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing berada pada kategori rendah. 2) Gambaran perilaku bullying setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing berada pada kategori sangat rendah. 3) Terdapat efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing mengatasi perilaku bullying.. Penelitian ini merekomendasikan agar Guru BK memanfaatkan layan konseling kelompok dengan metode  role playing untuk mengatasi perilaku bullying pesertaReferences
Aulia, D., & Nababan, R. (2021). Dampak bullying terhadap peserta didik SMA.
Bete, M. N., & Arifin, A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sma Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 15-25.
Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah bullying di SMA Negeri 1 Amandraya tahun pelajaran 2020/2021. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 53-62.
Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. Pedagogia, 17(1), 55-66
Gultom, R. (2021). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying siswa kelas X IPS 2 di SMA Hang Tuah 4 Surabaya tahun ajaran 2020/2021. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 38(2), 79-87.
Lestari, E. T., & Pasilaputra, D. (2024). STUDI KASUS TENTANG Akibat Dari Bullying Yang Dilakukan Oleh Konseli Di Smk Negeri 1 Ampek Angkek. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 257-265.
Nuswanto, A. Heru, and U. S. M. Ariyono. "Peningkatan Pemahaman Mengenai Aspek Hukum Bullying/Perundungan Di Komunitas Pelangi Muslimah." TEMATIK 1, no. 1 (2024).
Putri, H. N., & Nauli, F. A. (2015). Faktor–faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja (Doctoral dissertation, Riau University).
Rakhmawati, E. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP H Isriati Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1 mei).
Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Taknik dan Aplikasi). Rizqi Press
Saragi, M. P. D., Tasmara, L., Berutu, R., & Ihsan, M. (2022). Pengaruh layanan konseling kelompok (role playing) dalam mengatasi bullying di yayasan penyantunan anak yatim piatu. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 270-274.
Sejiwa. (2008). Mengatasi kekerasan di sekolah dan ligkungan sekitar anak. Jakarta: Grasindo.
Suharsimi Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka CiptA.
Susanti, F. (2020). Upaya Mereduksi Perilaku Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Metode Role-playing pada Peserta Didik Kelas XI SMA. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.9