PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJARIPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 03 SOLOK SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Miranti Putri Salsabillah UNIVERSITAS PGRI SUMATERA BARAT, Indonesia
  • Sri Rahayu
  • Wibi Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2602

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa IPS kelas VII SMPN 03 Solok Selatan tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen, Berdasarkan hasil penelitian Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas VII Di SMPN 03 Solok Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 terdapat rata-rata nilai posttest  pada kelas eksperimen adalah 81,78 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang dan rata-rata kelas kontrol 66,69 dengan jumlah siswa 9 orang. Berdasarkan hasil uji t penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI)  terhadap hasil belajar siswa dimana 0.000<0.05. Artinya hipotesis dalam penelitian ini di terima karena memiliki pengaruh antara model pembelajaran dengan hasil belajar.

 

References

Antika, R., Nurhaedah, & Suarlin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Sikap Kerjasama Pada Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar The Influence of the Group Investigation (GI) Learning Model on Cooperation Attitudes in Thematic Learning in Elementary Schoo. Pinisi Journal of Education, 2(6), 190–205.

Baharuddin, dkk. 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar RuzzMedia

Basirun, B., & Tarto, T. (2022). Efektifitas Model Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 236–245. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.384

Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.

Dedy, A., & Budilaksana, R. (2023). Analisis faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri karang Ringin 1

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Djamarah,Syaiful Bahri.2008.Psikologi Belajar.Jakarta:Rineka Cipta

Khofipah, S., Setiawan, W., Kadarisma, G., Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).

Kurniasih, I. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal Of Islamic Education Vol. 2, No. 1, May 2020.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sapriya. (2006). Konsep dasar IPS.Bandung. UPI Prees

Setyorini, I. D., Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid19.

Sudjana. (2006). Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif ,kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Suprijono.Agus, (2016), Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yasa, G. S., Arsa, P. S., & Adiarta, A. (2019). Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Kelistrikan Smpn 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 31–39.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Salsabillah, M. P., Rahayu, S., & Wijaya, W. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJARIPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 03 SOLOK SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 238–245. https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2602

Citation Check