MENINGKATKAN DIMENSI BERGOTONG ROYONG IPAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD KELAS V SEKOLAH DASAR

Astrid Badayanti Putri, Siti Halidjah

Abstract


Abstract: This research aims to increase the cooperative dimension of science and science learning through the STAD type Cooperative Learning model. The form of research used in the research is classroom action research. The research subjects were 28 class V students at SDN 36 Pontianak City. The data collection technique in this research is non-test in the form of observation. The instruments used in this research were mutual cooperation observation sheets and activity documentation. The actions in this research consist of 3 cycles, each cycle consists of several stages, namely action planning, action implementation, observation and reflection. The results of classroom action research show an increase in the dimension of mutual cooperation in science learning. The action was carried out from July to August 2023. The results of the classroom action research were that in cycle I obtained an attitude of mutual cooperation with an average of 66.67 in the quite good category, the average in cycle II was 84.52 in the good category, and the average in cycle III was 97 .32 very good category.

Keywords: Mutual Cooperation, STAD model

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dimensi bergotong royong pembelajaran IPAS melalui model Cooperative Learning tipe STAD. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu 28 peserta didik kelas V SDN 36 Pontianak Kota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini non tes berupa pengamatan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi gotong-royong dan dokumentasi kegiatan. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan dimensi gotong royong pada pembelajaran IPAS. Tindakan dilaksanakan pada bulan Juli s.d Agustus 2023. Hasil penelitian tindakan kelas yaitu pada siklus I memperoleh sikap gotong royong dengan rata-rata 66,67 kategori cukup baik, rata-rata siklus II 84,52 kategori baik, dan rata-rata siklus III 97,32 kategori sangat baik.

Kata Kunci: Gotong royong, Model STAD


Full Text:

PDF

References


Amalia, N., Siagian, N., Riani, L., Faradila, I., Wulandari, N., & Rambe, U. K. (2021). Keaktifan Gotong Royong Berpengaruh Meningkatkan Interakasi Sosial dan Menumbuhkan Rasa Solidaritas di Desa Siamporik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 75–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2052

Apsari, N. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Discovery Learning. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.46368/bjpd.v3i1.756

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Suryani (ed.); revisi cet). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=TCWkT_8bu4&dq=ptk&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=ptk&f=false

Dwi Aryani, W. (2021). Implementasi Model Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong, Keterampilan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Ixc Di Smpn 1 Kandeman. In RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang (Vol. 5, Issue 2, pp. 23–34). https://doi.org/10.55686/ristek.v5i2.95

G.K. Mantra, I.W. Lasmawan, & N.K. Suarni. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Ngayah Untuk Mengembangkan Karakter Gotong-Royong Pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 156–168. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2162

Hayati, N., & Fadilah, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Media Cerita Bergambar Siswa Kelas Rendah Mi Darul Ulum Bantaran. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 141–154. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i2.1138

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Herli. (2022). COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS 8.2 SMP NEGERI 1 ABUNG TINGGI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri, II(3), 70. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/1357/1226

Monika, K. A. L., Suastika, I. N., & Sanjaya, D. B. (2023). Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Meningkatkan Sikap Gotong Royong. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.890

Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 618–625.




DOI: https://doi.org/10.46368/bjpd.v4i2.1484

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.