PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SDN CISAAT RAMBAY
DOI:
https://doi.org/10.46368/bjpd.v4i1.1178Abstract
Abstract: This research was conducted to find out the behavior of bullying that occurs in Cisaat Rambay Public Elementary School and how to deal with it. This type of research is quantitative using observation, interviews and documentation. The population in this study were students and homeroom teachers of class VI, Cisaat Rambay State Elementary School. Research activities are carried out by socializing bullying behavior followed by data collection. The research data was obtained by conducting direct discussions with students and homeroom teachers. From the results of the research conducted, it can be concluded that there are still cases, one of which is physical bullying. The teacher in responding to the case by intervening and keeping the perpetrator away from the target victim of bullying as well as advising and giving appropriate punishment.
Keywords: Character, Counseling Guidance, Bullying, Education
Â
Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku bullying yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri Cisaat Rambay serta cara dalam menanganinya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan wali kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cisaat Rambay. Kegiatan penelitian dilakukan dengan melakukan sosialisasi tentang perilaku bullying dilanjut dengan pengambilan data. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan diskusi secara langsung dengan siswa dan wali kelas. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan masih terdapat adanya kasus salah satunya bullying bersifat fisik. Guru dalam menanggapi kasus tersebut dengan cara melerai dan menjauhkan pelaku dari korban target pembullyan serta menasehati dan memberi hukuman yang sesuai.
Kata Kunci: Karakter, Bimbingan Konseling, Bullying, Pendidikan
Â
References
Abdurrahmat, F. (2006). Metodologi Penelitian Tekhnik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Alwisol, M. (2009). Psikologi Kepribadian, edisi revisi. Malang: UMM Press.
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hallen, A. (2005). Bimbingan dan konseling. Jakarta: Quantum Teaching, 80.
Hopeman, T. A., Dwiyanto, A., Setiawan, F., Areska, A., & Lusi, L. (2023). PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-9.
Mafirja, S. (2018). Pengembangan Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pelayanan BK di Sekolah. Satya Widya, 34(1), 22-30.
Maloeng, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyati, S., & Kamaruddin, K. (2020). Peran Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 172-184.
Muslihati, M. (2019). Peran bimbingan dan konseling dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 101-108.
Nida, K., & Usiono, U. (2023). Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(3), 64-72.
Prayitno, E. A. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarata: Rineka Cipta.
Rifdah, E. F. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Lampung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M): IAIN Raden Intan Lampung.
Suhartono, I. (2002). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yulia, D. (2018). Peran Guru BK Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Di SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Grup.