Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis mdbook untuk Meningkatkan Literasi Teknologi pada Materi Dinamika Rotasi

Ilham Luqman Hadi, Riki Perdana

Abstract


Abstract: Interactive learning media can often only be accessed through certain devices and applications. One way to overcome this is to use the mdbook. The method used is the 4D method which consists of define, design, develop, and disseminate. However, in this study, the authors only limit it to the develop stage. The developed media was tested for feasibility by the supporting lecturers and the respondents' assessment through a feasibility test questionnaire. Based on these data, the learning media that has been developed are suitable for use with a validity level of 87.9%. The learning media that has been developed has several advantages compared to existing research, namely: 1) Can be accessed using a personal computer or smartphone, 2) Uses a clean design so students can focus on the material, 3) Provides simulations that can be directly used by participants students without having to open another application or a new tab.

Keywords: Learning media, mdbook, rotational dymanics

Abstrak: Media pembelajaran interaktif seringkali hanya bisa diakses melalui perangkat dan aplikasi tertentu saja. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan mdbook. Metode yang digunakan adalah metode 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun, pada penelitian ini, penulis hanya membatasi sampai tahap develop saja. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh dosen pengampu dan penilaian responden melalui angket uji kelayakan. Berdasarkan data tersebut, media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dengan tingkat validitas 87,9%. Media pembelajaran yang telah dikembangkan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan penelitian yang sudah ada, yaitu: 1) Dapat diakses menggunakan komputer pribadi maupun smartphone, 2) Menggunakan desain yang bersih sehingga peserta didik dapat fokus pada materi, 3) Menyediakan simulasi yang dapat langsung digunakan oleh peserta didik tanpa harus membuka aplikasi lain atau tab baru.

Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, mdbook, dinamika rotasi


Full Text:

PDF

References


Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan stem (science, technology, enggeenering and mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1). https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22.

Delita, D., Rasyid, A., & Sugandi, M. K. (2021). Predict observe explain (poe) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 93–97.

Herwinda, B. P., Lubis, P., & Lia, L. (2022). Pengaruh model pembelajaran POE berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7203.

Introduction—MdBook Documentation. (t.t.). Diambil dari 29 Desember 2022, dari https://rust-lang.github.io/mdBook/.

Johar, A., Risdianto, E., & Indriyati, D. A. F. (2014). Perancangan dan implementasi media pembelajaran berbasis web pada bidang studi bahasa inggris di kelas VII SMP negeri 1 kota Bengkulu dengan menggunakan PHP dan MYSQL. Rekursif: Jurnal Informatika, 2(1), https://doi.org/10.33369/rekursif.v2i1.299.

Khusna, A. (2021). Aenerapan model pembelajaran poe (predict observe explain) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.511.

Majid, M. N., & Achmadi, H. R. (2020). Studi literatur pemanfaatan interactive multimedia related to real life untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/35300.

Otih, & Shiddiq, A. M. (2021). Pengaruh strategi critical incident (pengalaman penting) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. TarbiyahMU, 1(1).

Paridawati, I., Daulay, M. I., & Amalia, R. (2021). Persepsi orangtua terhadap penggunaan smartphone pada anak usia dini di desa indrasakti kecamatan tapung kabupaten kampar. Journal on Teacher Education, 2(2), https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1329.

Riduwan, Alma, B., Haji, Mulyono, N., Husdarta, A., & Subandi. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (11 ed.). Bandung: Alfabeta.

Serway, R. A., & Jewett, J. W. (2018). Physics for Scientists and Engineers. Cengage Learning.

Suprianto, E., Djudin, T., & Tiur, H. (2014). Remediasi miskonsepsi siswa menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi gerak rotasi di smk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(4), https://doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5480.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. https://eric.ed.gov/?id=ED090725.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.




DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v3i1.955

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.