Modul Biologi Dasar Berbasis Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa

Rindah Permatasari

Abstract


Abstract: Entering the Revolutionary Era 4.0, humans are required to master various soft skills, including skills in managing self-awareness or metacognitive skills. This paper describes how the learning module based on metacognitive skills can improve student cognitive abilities on cell structure and function material in the basic concepts of IPA 2 at STKIP Melawi. This study had a one group pre-post design with quasi quantitative research types and involved 21 PGSD’s students at STKIP Melawi. The research technique is the form of a test using the learning outcome test questions. The research data were analyzed descriptively using quantitative data. From the experiment results, the students achievement before implementing the metacognitive skills-based learning module were 50.95 with a less category and an increase of 0.95 with a moderate category at a value of 82.86 with a very good category. The data describes the module based on metacognitive skills which can improve student achievement in the concept of cell structure and function.

Keywords: Module, metacognitive skills, cognitive abilities

Abstrak: Memasuki Era Revolusi 4.0, banyak orang dituntut untuk mengusai berbagai soft skill tak terkecuali keterampilan dalam mengatur diri atau keterampilan metakognitif. Tulisan ini memaparkan bagaimana modul pembelajaran berbasis keterampilan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa pada materi struktur dan fungsi sel pada mata kuliah konsep dasar IPA 2 di STKIP Melawi. Penelitian ini berdesain one group pre-post dengan jenis penelitian kuantitatif semu dan melibatkan 21 mahasiswa PGSD di STKIP Melawi. Teknik penelitian berupa tes dengan menggunakan lembar tes kemampuan kognitif mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif menggunakan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar sebelum diterapkan modul pembelajaran berbasis keterampilan metakognitif adalah 50.95 dengan kategori kurang dan meningkat sebesar 0.95 dengan kategori sedang pada nilai 82,86 dengan kategori sangat baik. Dari data tersebut mendeskripsikan modul dengan basis keterampilan metakognitif dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada konsep struktur dan fungsi sel.

Kata-kata kunci: Modul, keterampilan metakognitif, kemampuan kognitif


Full Text:

PDF

References


Damri, dkk. (2017). Hubungan self-efficacy dan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Jurnal Edukasi, 74-79.

Hake, R. R. (2007). Design-based research in physics education: A Review. Retrieved from http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBRPhysics3.pdf.

Haryati, F. (2015). Meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berbasis soft skill. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Imel, S. (2002). Metacognition backgorud brief from the qlrc new summer2004 .Online.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1).

Kemenristekdikti. (2017). Panduan penyusunan perangkat pembelajaran dan bahan ajar. Retrieved from http://lp3.um.ac.id/download.php? file=133_Panduan_Perangkat_Bah an_ Ajar.pdf.

Lutfauziah, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pengaturan diri (self-regulated learning) pada IPA SMA untuk melatih keterampilan memecahkan masalah.

McMillan, J.H. & Schumacher, S. (2001). Research in educations a conceptual introduction. Addison Wesley Longman, Inc. Fifth Edition.

Permatasari, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis self-regulated learning pada materi keseimbangan lingkungan dan perubahannya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya,. 6(1).

Sugiarti, L. (2013). Pengaruh bahan ajar terhadap kualitas hasil belajar materi konstruksi pola pada prodi pkk tata busana. Fashion and Fashion Education Journal, 2(1).

Yamada Masanori, Misato Oi & Shin’ichi Konomi. (2017). Are learning logs related to Procrastination? From the viewpoint of Self-regulated learning. 14th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2017).

Yamin, M. (2013). Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Jakarta: Referansi.

Yoel, M. (2016). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika melalui strategi metakognitif berbasis tutor sebaya bagi siswa kelas V SD Ypk persiapan kampung anny. Jurnal Surya LPPM Papua Jaya XIV.




DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v1i2.491

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.