KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK PELANGI

Theresia Desi, Kartini Kartini, Indria Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan sosial emosional anak melalui permainan tradisional gobak sodor pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Pelangi dan pelaksanaan pembelajaran permainan gobak sodor pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Pelangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia dini 5-6 tahun di TK Pelangi. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Peneliti berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui guru dan siswa di TK Pelangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gobak sodor yang dilakukan telah sesuai dengan aturan permainan dan terlaksana dengan baik dan menyenangkan hanya saja masih ditemukanya dalam hal fisik yaitu kekurangannya lahan yang luas dan hanya bisa untuk satu lapangan yang mengakibatkan siswa lain untuk menunggu pergantian setiap bermain karena mengingat jumlah siswa yang melebihi batas aturan permainan sehigga pelaksanaan permainan gobak sodor masih belum efektif. DanĀ  kondisi awal kemampuan sosial emosional anak sebelum diberikan tindakan yang masuk dalam kriteria skor tiga ada 35%. Pada siklus I guru menggunakan permaianan gobak sodor, dalam permaianan tersebut diberikan cotoh perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh anak, setelah itu anak mempraktikkan kegiatan seperti yang telah dicontohkan yaitu anak mau meminjamkan miliknya, anak mau berbagi dengan teman dan anak saling membantu sesama teman. Pada siklus I anak yang memperoleh skor 3 terdapat 51,6%, pada siklus II peningkatan kemampuan sosial emosional menjadi 91,6%. Dapat dilihat pada tingkat keberhasilan kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapan siklus yang mengalami peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Achroni, Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jakarta: Javalitra.

Anita, Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak TK. Jakarta: Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Destrina, Garnida N. 2011. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Taman Kanak-kanak Melalui Pemanfaatan Papan Display yang Dimodifikasi. Bandung: PGPAUD. FIP UPI.

Goleman, Daniel (2015). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

KBBI. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Marzoan & Hamidi. 2017. Permainan Tradisional Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Volume. 2, No. 1.

Mulyani, Novi. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Muslihudin. 2010. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Suyadi & Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: REMAJA.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Syamsu, Yusuf. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wina Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Yuliartien, Astri. 2011. Peningkatan Kreativitas Musikal Anak dalam Kegiatan Bermain Alat Musik Perkusi di Taman Kanak-kanak. PGPAUD. Jurusan Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.737

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF - 487 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.