MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK BERMAIN “MAMA BABY CARE” NANGA PINOH

Yeti Yeti, Apima Tirsa, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini  bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini pada Kelompok Bermain Mama Baby Care Nanga Pinoh  menggunakan media boneka tangan.  Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) instrumen penelitian yang digunakan yaitu bentuk instrumen non tes yang digunakan adalah lembar observasi digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan pengamatan di dalam kelas teknik anlisis data yang digunakan menggunakan deskriptif  kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan lembar observasi kegiatan bercerita menggunakan boneka tangan yaitu perkembangan bahasa yang  muncul saat proses pembelajaran  sesuai pernyataan dari setiap indikator-indikator perkembangan bahasa dan dokumentasi berupa foto saat kegiatan belajar dan bermain. Hasil kemampuan kegiatan bercerita menggunakan boneka tangan pada Siklus I APKG 1 memperoleh persentase sebesar 60,38 % sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 81,76  %  berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,38 % kemudia peningkatan persentase hasil dari lembar observasi keterlaksanaan RPPH APKG II dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh persentase sebesar 61,6 %sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 81,75 %  berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,15 % sedangkan peningkatan persentase hasil dari lembar observasi kemampuan perkembangan bahasa dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh persentase sebesar 0,00 % sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 100 %  berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 100 %..


Full Text:

PDF

References


Anggani, Sudono, Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta:

Dirjen PPTA Depdikbud. 1995, hlm. 715

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Endang dan Maliki (2009), Pendamping Kegiatan Anak, (Yogyakarta: Naafi’ Book Media, 2014) h.88

Hainstock, Elizabet G, Metode Pengajaran Montessori Untuk Anak

Pra Sekolahlm. Jakarta: Pustaka DelaPratara. 1999, hlm. 22

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 29 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Meilaningsih, Wahyu Linda. 2018. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Dan Bagaiamana Keefektifitasan Penggunaan Media Boneka Wayang Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Mulyasa.2012. manajemen PAUD. Bandung.PT.Remaja Rosdakarya.

Novita, Pradynda.(2014) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Bercerita Dengan Boneka Tangan Kelompok A Di TK Aisyiyah Cabang Kartasura, Tahun Pelajaran 2013/2014. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nur hasnawati. 2011. Media Pembelajaran.Pekanbaru:Yayasan Pusaka Riau.2011, hlm. 9

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional

Pendidikan Anak Usia Dini. Standar Isi Tentang Tingkat

Pencapaian Perkembangan Anak.

Permendikbud , Nomor 146 Tahun 2014, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, pasal 1.

Sudjana, Nana &Rivai, Ahma,Media Pengajaran, Bandung : Sinar

Baru Algensindo. 2007, hlm. 5

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D, .Bandung.Alfabeta.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta. Aditya Media

Yusuf Hartini, ( 2005 ) Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Dirjen PPTA Depdikbud. 2005 : 19),

Sujiono. 2004. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks

Suryani (2009), pendekatan pembelajaran, (Yogyakarta: Naafi’ Book Media, 2014) h.88

Sulianto Joko. dkk, Panduan Penggunaan Boneka Tangan. Semarang: Tunas Puitika Publishing, 2011

Tim Redaksi Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar

Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keempat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008, hlm. 924

Wijaya. K & Dedi, D. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pertama Puri Media




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.734

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.