IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD SENGIANG INDAH DESA TUMBAK RAYA KECAMATAN SAYAN KABUPATEN MELAWI

Betania Betania, Asep Eka Nugraha, Nur Sulistyo Mutaqim

Abstract


Penelitian betujuan untuk mengetahui implementasi evaluasi pembelajaran anak usia dini di PAUD Sengiang Indah Desa Tumbak Raya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan analisis induktif meliputi pengumpulan data, kodefikasi topik dan kategori, pencarian pola. Teknik analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi evaluasi pembelajaran di PAUD Sengiang Indah, sebagai proses penetapan pengukuran dan penilaian terhadap pembelajaran dilakukan oleh guru yaitu untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap peserta didiknya, sesuai dengan perkembangan anak, dalam perkembangan pembelajaran guru menentukan karakteristik dari setiapĀ  anak dan menyiapkan alat evaluasi untuk menentukan nilai. Langkah-langkah implementasi yang dilakukan yaitu (1) Merumuskan tujuan dilaksanakan evaluasi, dalam menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada anak untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, serta mengenal latar belakang anak yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar anak. (2) Menyiapkan alat atau teknik evaluasi, yaitu dengan pengamatan langsung kepada masing-masing anak dan melakukan pemberian tugas. (3) Menetapkan kriteria evaluasi, menetapkan aspek-aspek yang dievaluasi pada anak yaitu nilai moral dan agama, bahasa, kognitif, fisik motorik, sosial emosional, dan seni. (4) Mengumpulkan data, melakukan pengamatan kepada anak dalam pembelajaran. (5) Menentukan nilai, dengan membuat raport untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dalam implementasi evaluasi pembelajaran perlu sebagai umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program evaluasi selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fachri. (2018). Urgensi Evaluasi Pembelajaran Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 1.

Iftitah. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Duta Media.

Kesuma, D. (2013). Struktur Fundamental Pedagogik Paulo Freire Dan Relevansinya Untuk Pendidikan Indonesia, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riadi. (2017). Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol. 15 No. 27.

Rukajat. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafrimen, N.M, dkk. (2016). Delapan Cara Pembinaan Motivasi Di Kalangan Pendidik. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: Pusat Permata Pintar Negara National University of Malaysia.

Wulansari. (2018). Pentingnya Penilaian Anak Usia Dini. Proceeding Of The ICECRS. Vol.1 No. 3.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.733

Article Metrics

Abstract view : 333 times
PDF - 1124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.