PERANAN GURU PAUD DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK PERTIWI DESA ULAK MUID
Abstract
Tujuan Skripsi ini mendiskripsikan tentang bagaimana Peranan guru paud dalam menanamkan budi pekerti pada anak usia dini kelompok B TK Pertiwi Desa Ulak Muid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah yang di lakukan melalui observasi, wawancara dengan Guru dan dokumentasi. Peranan guru paud dalam menanamkan budi pekerti pada anak usia dini kelompok B TK Pertiwi Desa Ulak Muid sudah cukup baik, karena guru menanamkan keteladan dan kebiasaan pada anak usia dini kelompok B TK Pertiwi sebagian besar anak TK Pertiwi diantaranya anak sudah disiplin dalam berpakaian, dan siswa sudah sopan santun dalam belajar, berbicara dan berprilaku selain itu guru sangat berperan baik di lapangan maupun dalam pembelajaran guru selalu memberikan keteladan bagi peserta didik.
Kata kunci : Peran guru dalam menanaman Budi Pekerti
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Bahri. 2017. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Yulianti. 2018. Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks.
Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hibana S. Rahman. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta :PGTKI Press.
Hidayat. 2017. Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Tinjauan Umum. Yogyakarta: Kanisius.
Mardalis. (2019), Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong. (2018), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remadja Karya
Musfiqon, H.M. (2018). Paduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Mulyasa. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad Fadillah & Lilif Mualifatu Khorida. 2019. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta : PT. Ar-Ruzz Media.
Novan Ardy Wiyani. 2017. Bina Karakter Anak Usia Dini : Panduan Orangtua &
guru Kemandiria Anak Usia Dini.
Nawawi, H. (2018). Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta : Gajah Mada
Persada
Nurul Zuriah. 2018. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Persepktif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitafif, dan R&D. Bandung : alfabeta
. (2017), Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta:
Paradigma.
Suyanto dan Asep Jihad. (2019). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Erlangga Group.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Paul Suparno. (2017). Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Tinjauan Umum. Yogyakarta: Kanisius.
Yahya, (2018). Profesi Keguruan. Bandung: Alfabeta
Zuldafrial . (2017). Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press.
DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i2.1864
Article Metrics
Abstract view : 58 timesPDF - 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.