MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK YOSI NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Sudarmiati Sudarmiati, Linda Dwi Saputri, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak melalui metode bermain pada anak di kelompok B TK Yosi Nanga Pinoh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini anak kelompok B yang berjumlah 15 yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian ini peningkatan kemampuan mengenal angka anak melalui metode bermain. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak. Kemampuan awal sebelum tindakan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 415 dengan hasil rata-rata presentase 29,64% dengan kriteria belum berkembang (BB) setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan dengan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 635 dengan hasil rata- rata presentase 45,35% dengan berkembang sesuai harapan (BSH). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan besar dengan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 1205 dengan hasil rata-rata presentase 86,07% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak di kelompok B dengan kriteria baik yang telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 %. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka.

Kata Kunci : Media Ular Tangga, Kognitif, Angka


 


Full Text:

PDF

References


Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Yus, A.(2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Bredekamp, S. & Copple, C. (1997). Developmentally appropriate practice in early childhood programs. Washington, D.C: A 1996-97 NAEYC

Comprehensive Membership Benefit. National Association for the Education of Young Children. Retrieved from https://www.naeyc.org/sites/default/files/globallyshared/downloads/PDFs/resources/position-statements/PSSDAP.pdf

De pdilcras. (2003). Undang-Undang Sistern Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

Hurlock, B, E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Kuntojo. (2015). Psikologi perkembangan. Jogjakarta: Diction.

Kusumah, W dan Dwitagama, D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Tadkiroatun, M. (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Nasution. (2011). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara. Penyusun, Tim. 2012.

Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Rachman, Nurdizal M. Efendi, A dan Wicaksana, E. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publising.

Sriningsih. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung. Pustaka Sebelas.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yudha M Saputra & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. Jakarta:DepDiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i2.1863

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.