ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PAUD HARAPAN KITA NANGA PINOH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan Kognitif siswa PAUD Harapan Kita serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif PAUD Harapan Kita.Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa Paud kelas B, guru kelas dan Kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes, serta instrumen penelitian yang menggunakan tes lisan dan wawancara yang mengacu pada indikator kemampuan kognitif siswa dan faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa kemampuan kognitif siswa PAUD Harapan Kita sudah sangat baik dilihat dari hasil tes lisan pada tabel 4.1 dan juga pada hasil wawancara anak- anak sudah bisa menjawab semua pertanyaan yang peneliti berikan tetapi tidak semua siswa bisa memahami isi dari pertanyaan tersebut. Adapun fakor yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal anak mau belajar serta mau mendengarkan saat guru menerangkan pembelajaran serta cepat mengerti dengan pembelajaran yang diberikan dan mendapatkan pola asuh yang benar adapun faktor eksternal lingkungan keluarga anak mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tua serta pergaulan yang baik dengan teman- temannya. Sedangkan disekolah saat pembelajaran menggunakan media pembelajaran sehingga anak mudah mengerti akan pembelajaran yang diberikan serta lingkungan sekolah yang medukung suasana belajar baik outdoor maupun indoor.Kesimpulannya kemampuan kognitif siswa PAUD Harapan Kita sudah sangat baik tinggal bagaimana guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar anak semangat dalam belajar.
Full Text:
PDFReferences
Ade Holis. 2016. Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Volume 9 Nomor 1.
Asrori, M. 2003. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara
Berk, L.E. 2006. Child development 6 edition. Boston, MA: Allyn and Bacon
Carter. W.K. 2009. Akuntansi Biaya: Cost Accounting, Buku 2, Edisi 14. Salemba Empat.
Monks. 2006. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: UGM Press.
Pudjiati dan Alzena. 2011. Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.
Santrock, J. 2002. Dolescence: Perkembangan Remaja. (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga.
Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sukremi. 2013. Penerapan Metode Drill berbantuan Media Tangram untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 di TK Pradnya Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa, 1 (1).
Suwardi & Daryanto. 2017. Manajemen Peserta Didik. Yogjakarta: Gavamedia.
Suwardiman, Siti Partini. 2003. Metode Perkembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Wiriana. 2008. Perkembangan kognitif pada anak. Tersedia dalam. http://www.doctoc.com/docs/20992333/perkembangankognitif-padaanak, (online) diunduh 16 Agustus 2022
Yaswinda, dkk. 2018. Stimulisi Literasi (Menyimak) Pada Anak Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bunga Rampai Usia Emas. Vol 4, No 2.
DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1026
Article Metrics
Abstract view : 138 timesPDF - 244 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.