ANALISIS PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD KASIH BUNDA DESA ENGKURAI
Abstract
Penelitian ini didasari pada kurangnya pengetahuan anak akan permainan tradisional serta peran guru dalam mengenalkan permainan tradisional. Tujuan penelitian adalah mengetahui tentang pengenalan permainan tradisional pada serta peran guru dalam mengenalkan permainan tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriftif. Subjek dalam penelitian adalah guru, kepala sekolah dan peserta didik PAUD Kasih Bunda Desa Engkurai. Objek dalam penelitian adalah pengenalan permainan tradisional pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara. Pengecekan kebasahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian diketahui bahwa guru dalam mengenalkan permainan tradisional di PAUD Kasih Bunda Desa Engkurai kepada peserta didik dimulai dari story telling atau menunjukkan gambar permainan tradisional, memberitahukan anak nama permainan, mendemonstrasikan dan memainkan permainan tradisional bersama dengan peserta didik. Dalam mengenalkan permainan tradisional, guru berperan sebagai fasilitator yaitu memberikan layanan dan menyiapkan fasilitas dalam permaian tradisional.
Full Text:
PDFReferences
Azizah, I. 2016. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya di Kelas IV Mingronggot Nganjuk. Jurnal Dinamik Penelitian. Vol 16 No 2. Hlm. 279-208.
Creswell, J. 2019. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Khamdani, A. 2010. Olahraga Tradisional Indonesia. Singkawang: Maraga Borneo Tarigas.
Komariah, A & Satori, D. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kurniati, E. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan. Jakarta: Kencana.
Latif, dkk. 2016. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Lubis dan Khadijah (2018
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.
Maryati W. P. 2019. Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Tarian Tradisional Pada Pembukaan Asian Games 2018. Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Perdani, P.A. 2013. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Permainan Tradisional Pada TK B. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2).
Sujiono, Y N. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Index.
Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Dapartemen Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1025
Article Metrics
Abstract view : 165 timesPDF - 219 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.