PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS HOTS MATERI GEOMETRI UNTUK SISWA SMA KELAS X

Afri Nur Cahyani, Rima Aksen Cahdriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis HOTS pada materi trigonometri untuk siswa kelas X SMA yang memenuhi aspek kevalidan dan kelayakan. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang hanya dibatasi pada 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 85,7% dengan kriteria “Baik” dan oleh ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 87,23% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga modul siap digunakan untuk diujicobakan dalam penelitian. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor sebesar 90% dengan kriteria sangat baik dan uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata skor 85,62% dengan kriteria baik sehingga modul layak dan siap digunakan dalam pembelajaran. Adapun karakteristik pada modul adalah terdapat tujuan pembelajaran untuk tercapainya tugas-tugas yang harus dikuasai, terdapat materi atau contoh soal berdasarkan problem solving serta soal-soal yang disajikan dalam kategori HOTS.


Full Text:

PDF

References


Anggriani, Lusi. 2019. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dengan Menggunakan 3d Pageflip Professional. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Banani, Ulil Azmi. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiolkultural Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Thesis: Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mangajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.

Jailani, Sugiman, Heri Retnawati, Bukhori, Ezi Apino, Hasan Djidu, and others. 2018. Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan High Order Thinking Skills, ed. by Heri Retnawati. Yogyakarta: UNY Press.

Madio, S. S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93-108.

Mardiah, S., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119-126..

Mikrayanti, M. (2016). Meningkatkan kemampuan penalaran matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 97.

Rivalina, R. (2020). Pendekatan Neurosains Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Guru Pendidikan Dasar. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 83-109.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v2i2.759

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 173 times

Copyright (c) 2022 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.