PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

HENDRAKUS HENDRAKUSS, Yumi Sarassanti, NOVIKA LESTARI

Abstract


Abstract: From this research, we will see how students understand the concept of the Pythagorean theorem. This research is a qualitative research with descriptive method. The subjects of this study were students of class X IPA I and IPA II SMA Sinar Kasih Nanga Pinoh, with a total of 36 students. Furthermore, to obtain the data used are tests and interviews. Data analysis followed the model of Miles and Huberman, and the results showed that students still did not understand the concept.Keywords: Concept Understanding, Pythagorean Theorem Abstrak: Dari penelitian ini, kita akan melihat bagaimana siswa memahami konsep teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA I dan IPA II SMA Sinar Kasih Nanga Pinoh, dengan total 36 siswa. Selanjutnya, untuk meperoleh data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, dan hasilnya menunjukkan siswa masih kurang memahami konsep. Kata Kunci : Pemahaman Konsep , Teorema Pythagoras 

Full Text:

PDF

References


Almira Amir, “Penggunaan Model Pembelajaran Sq3r Terhadap Pemahaman Konsep Matematika,” dalam Logaritma Vol. II, No. 02 Juli 2014

Bambang Wahyu Nugroho(2015) “Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika SMP Kelas VII pada Materi Segiempat dan Segitiga di SMP Negeri 21 Semarang”, Skripsi Semarang: Universitas PGRI.

Darminto. (2009).Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapan nya dengan tema Kontribusi Aljabar dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian dan pembelajaran matematika untuk mencapai world class university. Pendidikan Matematika, FMIPA UNY,Yogyakarta.

Depdikbud (2002), Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2003), hlm. 534.Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi Gandisah(2014) “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menjawab Tes Essai pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII MTs Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan”, Skripsi Padangsidimpuan: IAIN.

Dimar. (2006).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri01 Ketanggungan Brebes Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Melalui Diskusi Dalam Kelompok-Kelompok Kecil.SkripsiUNNES.

Habibi. (2012).Panduan Penelitian Skripsi, Padangsidimpuan: STAIN Padangsidimpuan.

Ikrima, R. D. (2015). Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Teorema Pythagoras Dalam Penyelesaian Bangun Datar.Skripsi Tidak Dipublikasi. Tulung angung: IAIN Tulung agung.

Lexy J. Moeleong. (2000).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mulyono B dan Hapizah Hapizah. (2018).Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3(2) 2018.

Mulyono B dan Hapizah Hapizah. (2018).Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3(2) 2018.

Sugiono. (2009).Metode Penelitian Bisnis.

Bandung: Alfabeta.. (2018)."Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v2i1.615

Article Metrics

Abstract view : 300 times
PDF - 317 times

Copyright (c) 2022 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.