KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PANJANG SISI SEGITIGA

Selvia J, Yumi Sarassanti, Novika Lestari

Abstract


ABSTRAK Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Panjang Sisi Segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 SATAP Tanah Pinoh Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mampu memecahkan masalah matematika soal cerita berkaitan dengan Panjang sisi segitiga yaitu sebanyak 18% kategori tinggi, 30% kategori sedang, dan 52% kategori rendah. Siswa yang dijadikan responden mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator 1 masuk kategori sedang dengan rata-rata 70,88%. Siswa yang mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator 2 masuk kategori rendah dengan rata-rata perentase 32,5%. Siswa yang mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator 3 masuk kategori sedang dengan ratarata persentase 78,32%. Dan siswa yang mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator 4 masuk kategori rendah dengan rata-rata persentase 35%. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Panjang Sisi Segitiga Abstract: The purpose of this research is to find out the student’s abilities to solve the problem about side length of a triangle. The method which used in this research is descriptive quantitative. The subjects of this research were students of the 8th grade of SMP Negeri 7 SATAP Tanah Pinoh Barat. The result stated that students who were able to solve math problems which related to the side length of the triangles were 18% including high categories, 30% including minimum categories, and 52% including low categories. Students who became respondents were able to solve questions related to the indicator 1 in the medium categories with the average percentage of 70,88%. Students who were able to solve the questions related to the indicator 2 were in low categories with the average percentage of 32,5%. Students who were able to solve the questions related to the indicator 3 were in medium categories with the average percentage of 78,32%. And students who were able to solve the questions related to the indicator 4 were in low categories with the average percentage of 35%. Keywords: Problem Solving Abilities, Side Length of a Triangle

Full Text:

PDF

References


Sugiyono.2019. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, dkk. 2011. Matematika.

Cet.11: ed.1. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Agsya, Feni Maisyaroh dkk. 2019.

Analisis Kemampuan

Pemecahan Masalah ditinjau

dari Motivasi Belajar Siswa

MTS. Pasundan Journal of

Research in Mathematics

Learning and Education

Volume 4 Nomor 2, 30

Desember 2019 ISSN 2548-

Jayusman, Iyus & Oka Agus.K.S. 2020.

Studi Deskriptif Kuantitatif

Tentang Aktivitas Belajar

Mahasiswa Dengan

Menggunakan Media

Pembelajaran Edmodo Dalam

Pembelajaran Sejarah. Jurnal

Artefak. Vol.7. No. 1. April

Lestari, Sri Wati Wahyu dkk. 2021.

Kemampuan Koneksi

Matematis pada Konsep Sinus.

Jurnal Pendidikan

Matematika. Al-Khawarizmi.

Januari 2021. STKIP Melawi

Mariam, Shinta dkk. 2019. Analisis

Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Siswa

MTsN dengan Menggunakan

Metode Open Ended di

Bandung Barat.Jurnal

Cendekia: Jurnal Pendidikan

Matematika. Vol.3. no.1. Mei

pp. 178-186

Sarassanti, Y. & Mutazam. 2019.

Analisis Kemampuan Berfikir

Kreatif Matematis Mahasiswa

PGSD Pada Materi Bangun

Ruang Di STKIP Melawi.

Jurnal Pendidikan Dasar. 137

Trisnaning, Tri Wijayanti dkk. 2017.

Penerapan Pendidikan

Karakter Melalui Metode

Kooperatif Tipe Learning

Together untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Mata Pelajaran

Fisika Siswa SMA Negeri 1

Semarang.Jurnal Profesi

Keguruan 3 (2) 2017:189-196

Darma, Yudi. 2017. Analisis

Metakognisi Terhadap

Pemecahan Masalah dalam

Materi Kaidah Pencacahan

pada Siswa Kelas XII IPS 1

MAN 1 Kubu Raya. Prosiding:

Jurnal Seminar Nasional

Pendidikan MIPA dan

Teknologi, 438




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i2.435

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 160 times

Copyright (c) 2021 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.