PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS DAN RESPONS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI REPRESENTASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Widiyanti Widiyanti, Sugiatno Sugiatno, Ade Mirza

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara empiris mengenai peningkatan pemahaman konseptual (PK) matematis dan respon siswa terhadap materi pembelajaran barisan dan deret aritmetika melalui pembelajaran Multirepresentasi (PM). Dengan penelitian quasy experiment menggunakan pendekatan deskriptif analitik yang melibatkan 33 siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Pontianak tahun pelajaran 2014/2015 sebagai subjek penelitian. Data yang diperoleh dari penyebaran angket, observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara, perolehannya dideskripsikan dan dianalisis. Hasilnya, menunjukkan terjadi kecenderungan  peningkatan PK matematis siswa dalam materi barisan dan deret aritmetika, serta mampu menimbulkan respon positif siswa selama proses pembelajaran. Kecenderungan tersebut terjadi karena PM yang dilakukan dengan variasi pendekatan saintifik dan penggunaan LKS yang terfokus pada learning discovery. 

 

Kata kunci:  Konseptual Matematis, Pembelajaran Multi Representasi, Respons Siswa

 

ABSTRACT

This study aims to explain empirically about increasing mathematical conceptual understanding (PK) and students' responses to learning materials for arithmetic sequences and series through Multirepresentation (PM) learning. With a quasi-experimental research using an analytical descriptive approach involving 33 students of class XII students of SMA Muhammadiyah 2 Pontianak in the 2014/2015 academic year as research subjects. The data obtained from the distribution of questionnaires, observations, documentation, tests, and interviews, the results were described and analyzed. The results showed that there was a tendency to increase students' mathematical PK in arithmetic sequences and series, and were able to generate positive responses from students during the learning process. This tendency occurs because PM is carried out with a variety of scientific approaches and the use of worksheets that focus on learning discovery.

 

Keywords: Mathematical Conceptual, Multi-Representation Learning, StudentResponse

 


Full Text:

PDF

References


BaroodyA. J., Feil Y.,dan JohnsonA.R. (2007). An Alter-native Reconceptualization of Procedural and Conceptual Knowledge. Journal for Research in Mathematics Education, 38(2), 115–131. doi:10.2307/30034952

BSNP. (2016). Permendiknas Nomor 21 Tahun tentang Standar Isi 2006.Jakarta: BNSP.

BSNP. (2006). Permendiknas Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: BNSP.

BSNP. (2013). Permendikbud No 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: BSNP.

BSNP. (2006). Permendiknas Nomor 41 Tahun 2006 tentang Standar Proses. Jakarta: BNSP.

CetinH. , dan Aydin S. (2018) The Effect of Multiple Representation Based Instruction on Mathematical Achievement: A Meta-Analysis. International Journal of Educational Research Review. DOI:10.24331/ijere.647531

Dit.PSMA. 2013. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta:Kemdikbud.

Demetriou,A., Shayer,M., and Efklides,A. (1992). Neo-Piagetian Theories of Cognitif Development. New York: Routledge.

Halim,D.F.; Santoso, B.; dan Aisyah,N. Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Jakarta: P4TK Matematika Volume 5 tahun 2014).

Hattie, John A. (2008). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. ISBN 0-415-47618-6

Hudiono, B. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Kependidikan

Hudiono,B.(2007). Repesentasi dalam Pembelajaran Matematika. Pontianak:STAIN Pontianak Press.

Iryanti,P.(2010). Potret Pengajaran Matematika SMP Kelas 8 di Indonesia. Jakarta:P4TK Matematika (Jurnal Edumat Volume 1 nomor 2 tahun 2010)

Jakarta:P4TK Matematika (Jurnal Edumat Volume 5 No. 10 tahun 2014)

Kollofell,B., Eysink,T.H.S, Jong,T.D. (2011). Comparing the Effects Representational Tools in Collaborative and Individual Inquiry Learning. Computer-Supported Learning , 223-251.

Lin, Y. W., Tseng, C. L., & Chiang, P. J. (2017). The Effect of Blended Learning in Mathematics Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 741–770. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a

NCTM. (2000). Principles ang Standars for School Mathematics. America: Assosiation Drive, Reston.

Nurhayati .(2014). Pengembangan Bahan Ajar Turunan Fungsi Melalui PEndekatan Konstruktivisme di Sekolah Menengah Atas. Jakarta:P4TK Matematika (Jurnal Edumat Volume 4 nomor 8 tahun 2013)

Rohaya.S, Darmawijoyo,Kesumawati.N. Pengembangan Bahan Ajar Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).

Sumardyono.(2010). Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Penguasaan Istilah dan Simbol Matematika. Jakarta:P4TK Matematika (Jurnal Edumat Volume 1 nomor 1 tahun 2010).

Suratman, D. (2010). Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Pprosedural pada Materi Pertidaksamaan Llinear Satu Variabel di kelas VII MTs Ushuluddin, Singkawang. 10.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Xie, C. Wang, M. Huimin, H. (2018) "Effect of Constructivist and Transmission Instructional Models Mathematics Achievement in Mainland China: A Meta-Analysis". Frontier in Psychology ( Volume 9 Nomor 1923)

Wladis, C., Offenholley, K., Licwinko, S., Dawes, D., & Lee, J. K. (2017). Theoretical Framework of Algebraic Concepts for Elementary Algebra. In T. Fukawa-Connelly, N. Engelke Infante




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i2.408

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 104 times

Copyright (c) 2021 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.