KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL NILAI MUTLAK MENGGUNAKAN GAMBAR

Rasiana Era, Yumi Sarassanti, Rindah Permatasari

Abstract


Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk gambar pada materi nilai mutlak di kelas X Administrasi Perkantoran SMK Bina Sabjanoba Nanga Pinoh tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian dilaksanakan di SMK Bina Sabjanoba Nanga Pinoh dengan menggunakan  pendekatan kualitatif, metode penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Bina Sabjanoba tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik pengukuran.  Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi guru, soal tes kemampuan siswa, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa

 siswa mampu menyelesaikan soal nilai mutlak menggunakan gambar dengan skor total keseluruhan mencapai 958,34 dengan nilai rata-rata 68,45.

Kata kunci : Menggunakan Gambar, Kemampuan Menyelesaikan Soal

Abstract:The purpose of this study was to determine the ability of students to solve math problems in the form of pictures on the absolute value material in class X Office Administration of SMK Bina Sabjanoba Nanga Pinoh in the 2019/2020 academic year. The research was conducted at SMK Bina Sabjanoba Nanga Pinoh using a qualitative approach, the research method is descriptive. The population in this study were all class X Office Administration students of SMK Bina Sabjanoba in the academic year 2019/2020 which consisted of 14 students. Data collection techniques using observation techniques and measurement techniques. Data collection tools are teacher observation sheets, student ability test questions, and questionnaires.The results showed that students were able to solve the absolute value questions using pictures with an overall total score of 958.34 with an average score of 68.45.

Keywords : Using Pictures, Problem Solving Ability


Full Text:

PDF

References


Al. Krimanto. 2008. Pembelajaran Sudut dan Jarak dalam Ruang Dimensi Tiga di SMA. Yogyakarta : Erlangga.

Kasmina, Toali. Matematika untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

M, Satyawati. 2016. Waktu, Jarak, dan Kecepatan. Tersedia: http://eprints.radenfatah.ac.id/383/14/Paket%2014.pdf (25 Februari 2020).

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston,Va : NCTM.

Pengertian gambar, Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://kbbi.web.id/gambar ( 27 februari 2020).

Putranti, S.D., Prahmana, R.C.I. 2018. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis masalah.JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 2(1), Hal.86-97.

Robbins, Stephen. P. & Judge Timonthy. A. 2009. Pengertian kemampuan. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/8549/3/BAB%202-06504241020. pdf. (25 februari 2020).

Stewart, James. B. Redlin, Lothar. Watson, Saleem. 2008. College Algebra (edisi ke-5th). Brooks Cole. hlm. 13–19. ISBN 0-495-56521-0.

Sudijono dan Anas. 2008. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Deng Teori Van Hiele. Jurnal Bina Gogik, volume 1 No. 2, September 2014.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

The Study.com Video Team. 2014. Transformasi dalam Matematika: Definisi & Grafik. Tersedia : https://study.com/academy/lesson/transformations-in-math-definition-graph-quiz.html (1 maret 2020).

The Study.com Video Team. 2014. Sistem Koordinat Cartesius: Merencanakan Poin & Garis Grafik.Tersedia : https://study.com/academy/lesson/the-cartesian-coordinate-system.html (26 Februari 2020).

Yuliansyah. 2018. Buku Penunjang Bahan Ajar Matematika SMK Kelas X. Penerbit: Suka Ilmu Learn Anytime Anywhere.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i2.406

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 114 times

Copyright (c) 2021 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.