PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BILANGAN BULAT DAN PECAHAN BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL

Nuryati Nuryati, Bambang Sri Anggoro, Rizki Wahyu Yunian Putra

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar mengetahui kelayakan dan kemenarikaan bahan ajar elektronik berbasis Alqurun Teaching Model pada materi bilangan bulat dan pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat 5 tahapan pengembangan ADDIE yakni: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket validasi yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar elektronik. Dan diberikan kepada pendidik dan peserta didik untuk mengetahui kemenariikan produk yang dikembangakan. Sesuai dengan analisis data yang diperoleh dari ahli materi hasil penilaian terhadap produk bahan ajar berbasis Alqurun Teaching Model termasuk dalam kategori layak digunakan dengan rata- rata sebesar 3,75. Dan penilaian oleh ahli media terhadap bahan ajar yang dikembangakan juga masuk kategori layak untuk digunakan dengan rata- rata sebesar 3,85. Hasil olah data dari angket respon siswa pada ujicoba yang diikuti oleh Sepuluh orang peserta didik dalam uji coba skala kecil terhadap bahan ajar yang dikembangkan memperoleh kriteria interpretasi “sangat menarik”. Dengan hasil rata-rata skor yaitu 3,56 Adapun uji coba skala besar yang diikuti oleh 30 orang peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapat kriteria interpretasi “sangat menarik” dengan hasil rata-rata skor yaitu 3,52.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar Elektronik, Bilangan Bulat dan Pecahan, ALQURUN Teaching Model

 

Abstract: This research aims to find out the feasibility and ironing of electronic teaching materials based on the Alqurun Teaching Model on integer and fractional materials. The research method used is a research and development (R&D) method with an ADDIE development model. There are 5 stages of ADDIE development namely: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. The data collection instrument is to use validation questionnaires given to material experts and media experts to determine the feasibility of electronic teaching materials products. And it is given to educators and students to know the beauty of the developed product. According to the analysis of data obtained from materials experts the results of the assessment of teaching materials products based on the Alqurun Teaching Model are included in the category worth using with an average of 3.75. And the assessment by media experts of the developed teaching materials also fell into the category of eligible for use with an average of 3.85. The results of the data from the student response questionnaire in the trial were followed by ten students in small- scale trials of teaching materials developed obtaining "very interesting" interpretation criteria. With an average score of 3.56, the large-scale trial followed by 30 students on developed teaching materials got a "very interesting" interpretation criteria with an average score of 3.52.

 

Keyword: Electronic Teaching Materials, Integers and Fractions, ALQURUN

Teaching Model


Full Text:

PDF

References


Andri & Rismawati,M.2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Konsep Dasar Matematika SD Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Vox Edukasi, 9(2):91-101

Abdillah, A. N. 2010. Konsep Bahan Ajar Elektronik dan Ciri/Karakteristik Bahan Ajar Elektronik. (Online) melalui https://sites.google.com>E- Learning2010, diakses 30 Oktober 2020

Anggoro, S. B. 2016. Analisis Persepsi Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Penddikan Matematika, 7(2):153-166

Anggoro, S. B.2019.Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Matematika,2(2):85-96

Branch, M. R. 2009. The ADDIE Aproach. London: Springerb Science +

Business Media

Kemendikbud Republik Indonesia. 20019. Surat Edaran Nomor 14 2019,2.

Khotimah, H., Astuti , E. Y., & Apriani, D. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi: Permasalahan Dan Tantangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 357-368.

Majid, Abdul. 2011.Perencanaan Pembelajaran.Bandung: PT Rosda Karya

Putra, Y.W.R. 2017. Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembeajaran Matematika SMP. NUMERICAL: Jurnal matematika dan Pendidikan Matematika

Riduan. 2003. Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian Bandung:

Alfabeta

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta..

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sutiarso,Sugeng.2016.Model pembelajaran ALQURAN (ALQURAN Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo).ISBN: 987-602-74581-0




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.293

Article Metrics

Abstract view : 444 times
PDF - 365 times

Copyright (c) 2021 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.