PENGARUH KURIKULUM MARDEKA BELAJAR TERHADAP MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Linda Dwi Saputri, Flesia Welly Ferianti, Wahyu Septiadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum mardeka belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Setya Budi berjumlah  53 siswa dengan 2 kelas. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data dianalisis menggunakan analisis regresi. Sebelum dilakukan uji regresi, maka dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. hasil penelitian diperoleh bahwa kurikulum mardeka belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran matematika.

Kata Kunci: Kurikulum mardeka, Minat belajar.

  

Abstract: This research aims to determine the effect of the freedom to learn curriculum on students' interest in learning in mathematics. The method used is a quantitative method. The subjects in this research were 53 grade 7 students at Setya Budi Middle School in 2 classes. The techniques used to collect data are  questionnaires. Data were analyzed using regression analysis. Before the regression test is carried out, a normality test and linearity test are carried out. The research results showed that the freedom to learn curriculum had a significant influence on students' interest in learning in mathematics.

Keywords: Freedom curriculum, interest in learning


Full Text:

PDF

References


Al Fuad, Zaki dan Zuraini Z. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Tunas Bangsa Vol.III. No.2

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid -19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150 – 5161.

Pangkey, R.D.H & Merentek, R.M. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Mardeka Terhadap Minat Belajar PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JLWP, Okotber 2023, 9 (19), 968-978.

Putri Sayekti, Siskha, and Stai Al-Hamidiyah Jakarta. (2022). “‘Menyongsong Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’ Systematic Literature Review: Pengembangan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat Sekolah Dasar Systematic Literatur Review: Development Of Learning Asessment For In.” Seminar Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kurikulum Merdeka SMPN 3 Sine Halaman | 263 Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2: 23–28.

Sihaloho, I. M., Asyril, A., & Azainil, A. (2021). Pengaruh Keaktifan Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar PPKn. Prosiding Seminar Nasional 14, 192 – 207.

Simbolon, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9–25.

UNICEF. 2021. Levels and trends in child malnutrition UNICEF / WHO / World Bank Group Joint Child Malnutrition Estimates Key findings of the 2021 edition. World Health Organization, 1–32.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1852

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 47 times

Copyright (c) 2024 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.