Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori John Dewey Ditinjau Dari Self Efficacy

Andi Alim Syahri, Suci Nurul Hikmah, Suci Nurul Hikmah, Kristiawati Rara, Kristiawati Rara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori John Dewey Ditinjau dari self efficacy pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Indikator pemecahan masalah yang digunakan berfokus pada teori John Dewey yang terdiri atas 5 tahapan yaitu 1) menyajikan masalah, 2) mendefinisikan masalah, 3) merumuskan hipotesis, 4) pengujian hipotesis, dan 5) merumuskan rekomendasi pemecahan masalah.  Dalam penelitian ini, subjek berjumlah 3 orang siswa yang mewakili masing-masing tingkat kategori self efficacy. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self efficacy, soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa   1) subjek dengan kategori self efficacy tinggi mampu memenuhi 5 indikator pemecahan masalah yaitu pada tahapan mengenali masalah, mendefinisikan masalah, merumuskan hipotesis, pengujian hipotesis dan merumuskan rekomendasi pemecahan masalah. 2) subjek dengan kategoriself efficacy sedang mampu menyelesaikan soal dengan baik, akan tetapi hanya mampu memenuhi 2 indikator pemecahan masalahyaitu pada tahap mengenali/menyajikan masalah dan mendefinisikan masalah. Sedangkan 3) subjek dengan kategori self efficacy rendah mampu menyelesaiakan soal nomor 1 dengan benar akan tetapi hanya mampu memenuhi 2 indikator pemecahan masalah yaitu pada tahap mengenali/menyajikan masalah dan mendefinisikan masalah.

Full Text:

PDF

References


Aini, Nurul. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri. Jurnal eduMATH Vol:16, No:2.

Ghufron, M. N., & Risnawitaq, R. (2017). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.); II). Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hendriana, H. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika siswa. In Bandung: PT. Refika Aditama.

Miles, M dan Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Muthmainna, dkk. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey Pada Materi Trigonometri, media.neliti.com media publications.

Nahdi, D. S. (2018). Problem based learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 4, 51. https://doi.org/10.1136/bmj.326.7384.328

Noviza, Trivanila, dkk. (2019). Kemampuan Pemasalah Matematika Ditinjau dari Self Efficacy Dalam Materi Geometri Kelas XI SMK. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Nuutila. (2021). Mutual relationships between the levels of and changes in interest, self-efficacy, and perceived difficulty during task engagement. Learning and Individual Differences, 92.

Rahmah, I. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Hots Menurut John Dewey Ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Oktober 2020.

Nuraini, dkk. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 1 59-72.

Situmorang, A. S. (2015). Metode Pembelajaran John Dewey terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 2(9), 172–173.

Sofyan, & Tenripadan A. (2017). Ketentuan Hukum Perlindungan Hak Anak Jalanan Bidang Pendidikan. Jurnal Syariah Dan Hukum, 2(15), 229–249. https://doi.org/10.35905/diktum.v15i2.438

Yunaeti, N., Arhasy, E. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Menurut Teori John Dewey Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 10–21.

Somawati. (2018). Peran efikasi diri (self-efficacy) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39–45.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1674

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 50 times

Copyright (c) 2023 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.