PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIKA

NOPITA SARI, YUMI SARASSANTI

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the effect of the LC7e learning model on statistics learning outcomes. This research is a type of quantitative research using a quasi-experimental model with a posttest only control group design. The population in this study included all Islamic Education students at IAIN Pontianak. The sample in this study involved 35 semester IV students in the experimental class and 37 people in the control class who were taken randomly using cluster random sampling. The type of data in this research is quantitative data. The instrument used to obtain data in this study was a learning achievement test in statistics courses in the form of an essay test. Data were analyzed using inferential statistics using simple linear regression. Based on the results of data analysis, sig = 0.00 < α = 0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there are differences in learning outcomes in statistics courses between students who are given the LC7e learning model compared to students who are given conventional learning. It can be concluded that the average statistical learning outcomes of students who obtain LC7e are significantly higher than those of students who receive conventional learning. Therefore, it is suggested that the LC7e cooperative learning model can be used as an alternative for Islamic Religious Education lecturers in improving student statistical learning outcomes

 

Keywords: LC7e Model, Learning Outcomes, Statistics

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LC7e terhadap hasil belajar statistika. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan model kuasi eksperimen dengan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa pendidikan Agama Islam IAIN Pontianak. Sampel dalam penelitian ini melibatkan mahasiswa semester IV sebanyak 35 orang pada kelas eksperimen dan 37 orang pada kelas kontrol yang diambil secara acak menggunakan cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pada mata kuliah statistika yang berbentuk essay test. Data dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sig = 0.00< α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar pada mata kuliah statistik antara mahasiswa yang diberi pembelajaran model LC7e dibandingkan dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar statistik mahasiswa yang memperoleh LC7e lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, disarankan model pembelajaran kooperatif tipe LC7e dapat digunakan sebagai alternatif untuk  dosen Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar statistik mahasiswa.

 

Kata Kunci : Model LC7e, Hasil Belajar, Statistika


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2015). Urgensi penilaian hasil belajar berbasis kelas mata pelajaran IPS di madrasah tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2), 168-181.

Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., Airasian, P.W., Cruickshank, K.A., Mayer, R.E., Pintrich, P.R., et al. (2001). A taxonomy for learning, teaching and assissing: A revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Longman.

Kadir, Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian (Jakarta: Rajawali Press, 2015), h.1.

Muosharafa. (2018).“Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui model pembelajaran learning cycle 7e dan problem based learning”. Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 7, No.3.

Rosdiati. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD sekolah dasar. Suara Dosen: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora, 3(2), 315-321.

Sari, Nopita dan Wardani Rahayu, (2017). “Kemampuan Penalaran Statistika: Penerapan Model Pembelajaran Lc7e Dan Penilaian Autentik”. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 68

Septianawati, Desty dan Yumi Sarassanti (2023). “Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik”. Uninus Journal of Mathematics Education and Science, 8(1), 52-60

Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010), h.11.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Yusuf, A. M. (2017). Assesmen dan evaluasi pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v3i2.1383

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 35 times

Copyright (c) 2023 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.