KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BENTUK ALJABAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA COVID-19

PUJI RAHMAWATI

Abstract


Abstrak: Pada masa covid-19 sekolah menerapkan proses pembelajaran dengan metode pembelajaran jarak jauh. Dalam pelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa selama menggunakan metode pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data-datanya dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemanpuan siswa dalam memahami masalah berada pada kriteria kurang sekali karena siswa tidak dapat menulis hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Kemampuan tahap membuat rencana berada pada kriteria kurang sekali karena siswa tidak membuat rencana apapun untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan tahap melaksanakan pemecahan berada pada kriteria kurang sekali karena siswa tidak melakukan perhitungan. Kemampuan siswa pada tahap memeriksa kembali berada pada kriteria kurang sekali karena siswa tidak melakukan pengkajian kembali terhadap setiap langkah pemecahan masalah dan tidak dapat menyimpulkan hasil yang diperoleh.

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19.

  

 

Abstract : The background of this research was during the Covid-19 period, schools implemented a learning process using distance learning methods. The ability that must be possessed by students in mathematics is problem solving ability. The purpose of this study was to determine the problem solving skills possessed by students while using the distance learning method. This research uses a descriptive qualitative method where the data collection is done by tests and documentation. The subjects in this study showed that students' ability to understand the problem was at very low criteria because students could not write down what was known and what was asked of the questions. The ability to make plans is at very low criteria because students do not make any plans to solve problems. The ability to carry out the solving stage is at very low criteria because students do not do calculations. The ability of students at the re-examining stage was at very low criteria because students did not review each step of problem solving and could not conclude the results obtained.

 

Keywords: Problem Solving Ability, Distance Learning Methods, Covid-19.

 

          


Full Text:

PDF

References


Permendiknas. (2006). UU no 22 tahun 2006 standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Kemendikbud. (2020). Surat edaran mendikbud: pelaksanaan kebijakan pendidikandalam masa darurat penyebaran covid-19.

Rahmawati, Puji. (2018). Mengenal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Perbatasan.Bandung: Uwais.

Aini, I., N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Open-ended. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2), pp. 29-40.

Rahmawati, P. & Apsari, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial pada Siswa SDN No.05 Suruh Tembawang (Perbatasan Indonesia-Malaysia). Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), pp. 209-218.

Roebyanto, G. & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya Bandung.

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Sosial Humaniora, 9 (2), pp. 57-65.

Wardani, D. K. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masaah Fisika Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Skripsi pada FKIP, Prodi Fisika di Universitas Jember.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fadillah, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Msalah Siswa Pada Materi Persamaan Linier Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X MAN Lima Puluh. Skripsi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Astuti, N. H., dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Jaournal, 9 (1), pp. 1-8.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v3i1.1034

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 89 times

Copyright (c) 2023 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.