PERBEDAAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA KELAS 1 DAN KELAS 2

kiki kiki Fatma, Y. Touvan Juni Samodra, Uray Uray Gustian, Rubiyatno Rubiyatno Rubiyatno, Ghana Firsta Yosika

Abstract


This study aims to detrmine the differens in gross motor skills og grade 1 and grade 2 students in the coastel area at SD Negeri 27 Sungai Kakap throught motor tests such as Run, Gallop, Hoop, Horizontal jump, Leap, Slide, Catch, Striking stasionary ball, Kick, Overhead throw, Underhand rool, Stasionary dribble. The type of research conducted was descriptive quantitative which was conducted between researchers and elementary school children. The subjects studied were the children of 27 Sungai Kakap State Elmentary School, totaling 28 students. The results showed that class 2 motor skills were better than class 1 motor scores were 23.17 while grade 2 motor scores were 27.64. from the results of the study showed that class 2 is better than class 1 with a value of 27.64

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. N., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2021). Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di tk se- kecamatan bangkinang kota kabupaten kampar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1). https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1667

Alex. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pengajar.Co.Id. https://doi.org/Alex. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pengajar.Co.Id.

Amirzan, A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa SD Kelas V. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(1). https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i1.7843

Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1). https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924

Anisah, D., Kamidi, A., Tuasikal, A. R. S., & Suroto, S. (2020). Permainan kids athletics sebagai stimulasi kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar kelas v dan vi. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.17977/um040v4i1p66-72

Armen, M., & Rahmalia, A. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Rondes dan Gobak Sodor terhadap Kemampuan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V SD. UNES Journal of Education, 1(4). https://doi.org/Alex. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pengajar.Co.Id.

Citraningrum, D. M. (2020). Pemanfaatan permainan tradisional pada masa pandemi dina. Humaniora Dan Era Disrupsi : E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar, 1(1).

Firmansyah, G. (2019). Model Pembelajaran Gerak Dasar Melompat melalui Modifikasi Permainan Tradisional Engklek pada Anak Sekolah Dasar. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(2). https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.17822

Fitriani. (2017). Perbedaan Efektivitas Permainan Tradisional “Dende–Dende” Dengan Sepatu Roda Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah. Skripsi.

Hadi, H., Royana, I. F., & Setyawan, D. A. (2017). Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (TK) di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2).

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan sentra olah tubuh dalam menstimulasi kemampuan motorik kasar anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 89. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584

Imansyah, Y. (2017). INGATAN (MEMORY) DALAM PROSES PEMBELAJARAN GERAK (Aplikasi dalam Olahraga Futsal). Seminar Nasional KeIndonesiaan II Tahun 2017.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani di tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.389226

Kamaludin, K., Ngadiman, N., Festiawan, R., Kusuma, I. J., & Febriani, A. R. (2020). Pengembangan Permainan Pecah Piring Sintren: Pemanfaatan Olahraga Tradisional pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2). https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24447

Natas Pasaribu, A. M., & Daulay, D. E. (2019). Pengaruh permainan lari estafet terhadap kemampuan gerak dasar motorik kasar siswa kelas 3 sdn karet ii kabupaten tangerang. JURNAL PRESTASI, 2(4). https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11909

Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran Gerak Dalam Pendidikan Jasmani Dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5233331

Potensia, J. I. (2020). Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.25-30

Prastika, H. D., & Sumarmi, S. (2020). Hubungan Sulit Makan Pangan Hewani, Tingkat Asupan Energi, Asam Folat, dan Seng dengan Perkembangan Motorik Halus dan Motorik Kasar Anak Prasekolah di TK Kristen Setabelan Surakarta. Amerta Nutrition, 4(1). https://doi.org/10.20473/amnt.v4i1.2020.8-12

Rejeki, H. S., Suharjana, Suherman, W. S., Ardiansyah, A., & Ahdhianto, E. (2020). Baku Baku Raja traditional game model to enhance basic movement skills on elementary students in Indonesia. Universal Journal of Educational Research, 8(11). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081115

Sari, D. P., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 40–44. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.40-44

Sari, R. (2017). Pengantar Penelitian Kuantitatif. In Pemaparan Metodenpenelitian Kuantitatif.

Sihite, J., & Dimyati, D. (2022). Pengaruh Permainan Sirkuit Pos Geometri Terhadap Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1896

Sugeng, B. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif. KOMUNIKASI PENELITIAN KUANTITATIF Program Studi Jurnalistik & Humas.

Syarif, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Gerak Motorik Kasar dengan Menggunakan Permainan Tradisional Manyipet pada Siswa Laki-Laki Kelas V di SD Negeri 7 Bukit Tunggal. Jurnal MERETAS, 5(2).

Wahidmurni, W. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. Ekp, 13(3).

Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005

Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13976

Yulingga Nanda Hanief, S. (2015). Jurnal sportif ● vol. 1 no. 1 november 2015 60. Jurnal Sportif, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i1.951

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)



Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.