PENGEMBANGAN PERMAINAN TIBOY UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Dwi Qomara

Sari


Abstract: This study aims to 1) produce a learning model penjasorkes with Tiboy game activity in accordance with the characteristics of learners in elementary school, 2) determine the effectiveness of the model Tiboy in increasing motor activity in the learning process penjasorkes in SD, 3) determine acceptability Tiboy game activity models that can penjasorkes used for learning in primary. The research method used is a development method according to Borg and Gall opinion. Data collection techniques used are product feasibility, effectiveness and acceptability of products products. The subjects were students of class V Beduai SD N 01, N 02 Beduai SD, SD N 05 Muara use values and SD N 06 Pemodis. The results showed: 1) generate forms Tiboy game with motion base material for 5 th grade, 2) research effectively as pulse counting results with the t-test showed that the p = 0.000 <0.05, and the pulse rate increased by 73 , 57%, 3) acceptability of the three aspects in both the categories of the psychomotor aspects of the 60 students, 80% in both categories, the categories were 20%, 0% and less category, cognitive aspects of 60 students, in either category 93.33% , the category was 6.67%, and 0% less category, affective aspects of the 60 students, 85% in both categories, the category was 15%, and 0% less category.

Key word: development, tiboy game, elementary school

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan model pembelajaran penjasorkes dengan aktivitas permainan Tiboy yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di SD, 2) mengetahui keefektifan model Tiboy dalam meningkatkan aktivitas gerak dalam proses pembelajaran penjasorkes di SD, 3) mengetahui keterterimaan model aktivitas permainan Tiboy yang dapat digunakan untuk pembelajaran penjasorkes di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan  menurut pendapat Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kelayakan produk, keefektifan produk dan keterterimaan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 01 Beduai, SD N 02 Beduai, SD N 05 Muara ilai dan SD N 06 Pemodis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) menghasilkan bentuk permainan Tiboy dengan materi gerak dasar untuk kelas 5 SD, 2) hasil penelitian efektif karena  hasil penghitungan denyut nadi dengan uji-t menunjukkan bahwa p = 0,000 < 0,05, dan denyut nadi mengalami peningkatan sebesar 73,57%, 3) keterterimaan dari tiga aspek dalam katagori baik yaitu aspek psikomotorik dari 60 siswa, dalam kategori baik 80%, kategori sedang 20%, dan kategori kurang 0%, aspek kognitif dari 60 siswa, dalam kategori baik 93,33% , kategori sedang 6,67%, dan kategori kurang 0%, aspek afektif dari 60 siswa, dalam kategori baik 85%, kategori sedang 15%, dan kategori kurang 0%.

Kata Kunci: pengembangan, permainan tiboy, sekolah dasar

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.