PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TAMAN KANAK-KANAK

Suyatmin Suyatmin

Sari


Abstract: This research aims to produce a module for the learning of clean and healthy life behaviors that kindergarten teachers can use in health learning and as an additional reference of clean and healthy life behaviors. This study was a research and development conducted in 10 steps by adapting educationalresearch and development according to Gall, Gall, & Borg’s model.This was a research and development study employing the steps of: (1) potentials and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) product revision, (6) product tryout, (7) product revision, (8) product tryout, (9) product revision, and (10) mass production. The result of the study is a module for the learning of clean and healthy life behaviors for Group B of the kindergarten.

Keywords: development, clean and healthy life behaviors, kindergarten students

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat digunakan guru TK dalam pembelajaran kesehatan.Modul pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan sebagai tambahan referensi guru TK tentang pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian ini melalui 10 tahapan dengan mengadaptasi penelitian dan pengembangan pendidikan model Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Hasil penelitian berupa modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat pada TK kelompok B.

Kata Kunci: pengembangan, perilaku hidup bersih dan sehat, siswa TK


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.