PERAN SEKOLAH DALAM PEMBINAAN OLAHRAGA PRESTASI DI SMA DAN SMK SE-KECAMATAN ELLA HILIR

Heriyanto Heriyanto, Kurnia Dyah Anggorowati, Suyatmin Suyatmin

Abstract


Abstract: Research purpose to know the role of schools in coaching SMA/SMK Ella Hilir performance sports. The study uses a qualitative research witha descriptive approach, meaning a research procedure by illustrating objects based on actual fact thatare happening in today’s situation. This research data source is the principal, the student and sports teacher. Data collection using of interviews, observation and documentation. Data analysis ran a triangulation test, whichis source triangulation and technical triangulation. Based on studies obtained in SMA/SMK of Ella Hilir,of the role of achievements sports that school already play a part in the development of achievement sports, this is established by facilitating the means and infrastructure of sports. To theconclusion that SMA/SMK of Ella Hilir has already played a role in the development of the performance sports, as in shown by the achievement of each school.

Keywords: school roles, coaching performance sports.

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui peran dari sekolah dalam pembinaan olahraga prestasi di SMA/SMK se-Kecamatan Ella Hilir. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, maksudnya adalah prosedur penelitian dengan menggambarkan obyek yang di teliti berdasarkan fakta aktual yang terjadi pada keadaan sekarang. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru olahraga dan siswa. Pengumpulan data mengunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan uji triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di SMA/SMK se-Kecamatan Ella Hilir, tentang peran sekolah dalam pembinaan olahraga prestasibahwa sekolah sudah berperan dalam pembinaan olahraga prestasi, hal tersebut dibuktikan dengan memfasilitasi sarana dan prasarana olahraga. Dapat ditarik kesimpulan bahwa SMA/SMK se-Kecamatan Ella Hilir sudah berperan dalam pembinaan olahraga prestasi, hal ini di buktikan dengan perolehan prestasi-prestasi yang diraih di masing-masing sekolah tersebut.

Kata Kunci: peran sekolah, pembinaan olahraga prestasi.

 


Full Text:

PDF

References


Khoirunisa, Bunga (2019). “Survei Pembinaan Prestasi Olahraga Futsal Pada Klub Protect Angels

Yogyakarta Di Kabupaten Sleman Tahun 2019”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Moleong, L.J (2011). Metedologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukti, Asih, Pahlewi. (2019). “Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Pencak Silat Di Kabupaten Banjarnegara”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nurfirdaus, Nunu dan Hodijah, Nursiti. (2018). “Studi tentang Peran Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SDN 3 Cisantana” Jurnal Ilmiah Educater, Vol 4, No 2, Desember 2018.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.546

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)



Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.