DESAIN PENGEMBANGAN PEMANASAN PERMAINAN SEPAKBOLA

Supianto S, Y Touvan Juni Samodra, Uray Gustian

Abstract


Abstract: This study aims to develop a warm-up with games for students of football game material so that students are not easily bored and are more enthusiastic about doing core activities. The method used by the researcher is the R&D method. The sample in this study were students of Tanjungpura University Sports Coaching Education, Pontianak, with 10 students. The research phase includes (1) potential and problems (2) game design (3) product validation (4) product testing. The data collection technique in this study was using a questionnaire and a pulse measurement test. The data were analyzed descriptively by using the ANOVA test. The results of this study are suitable for use with an average value of 3 judges 93% and the average pulse rate of the experimental people reaches 60-75% of the exercise pulse. Conclusion The development of football heating is very feasible to use for warming up.

Keywords: Warming up, Pulse, Games

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemanasan dengan permainan untuk mahasiswa materi permainan sepakbola agar mahasiswa tidak mudah mengalami kebosanan dan lebih semangat untuk melakukan aktivitas inti. Metode yang digunakan peneliti adalah metode R&D. sempel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tanjungpura Pontianak, dengan mahasiswa sebanyak 10 orang. Tahap penelitian meliputi (1) potensi dan masalah (2) desain permainan (3) validasi produk (4) uji coba produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan tes pengukuran denyut nadi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji anova. Hasil penelitian ini layak untuk digunakan dengan rata-rata nilai dari 3 judges 93% dan rata-rata denyut nadi orang coba mencapai 60-75% denyut nadi latihan. Kesimpulan pengembangan pemanasan sepakbola sangat layak digunakan untuk pemanasan.

Kata Kunci: Pemanasan, Denyut Nadi, Permainan        


Full Text:

PDF

References


Abdul Latif Rusdi. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Alternatif Pemanasan Olahraga Sekaligus Peningkatan Fleksibilitas Siswa. Permainan Tradisional Sebagai Alternatif Pemanasan Olahraga Sekaligus Peningkatan Fleksibilitas Siswa.

Arie Paramitha, M. V. (2019). No Title. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun, 3(1), 1–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29408/Goldenage.V3i01.1336

Baira, I. (2019). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Performa, 1(3), 910–918. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Patriot.V1i3.299

Ganda Hadi Wijaya. (2020). No Title. Pengembangan Model Pembelajaran Senam Karate Kids (Skk) Di Sdi At’taqwa Surabaya, 5(1), 6–13. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36526/Kejaora.V5i1.760

Jaenudin. (2018). No Title. Pengaruh Pembelajaran Kasti Modifikaasi Terhadap Nilai Kerjasama Pada Siswa Sekolah Dasar, 2(1), 31–36. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um040v2i1p31-36

Johandi Yusuf. (2020). Pengembangan Pemanasan Dinamis Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Tingkat Sekolah Menengah Pertama, 5(1), 79–85. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36526/Kejaora.V5i1.762

Kurnia, D. (2020). No Title. Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani, 2(1), 90–99. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2020.2.1.3302

Lusianti, S. (2015). Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani, 1(1), 1–123. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29407/Js_Unpgri.V1i1.573

Mariyanto, M. (2010). Manfaat Pemanasan Dalam Latihan Olahraga. Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dadap 2 Indramayu, 10(1), 44–49. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35194/Jm.V10i1.941

Pujianto, D. (2020).Pengembangan Model Latihan Sasaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Sepakbola, 19(1), 66–73. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.20527/Multilateral.V19i1.8333

Sholihin, M. (2019).Pengaruh Pemanasan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Tingkat Kesiapan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, 7(2), 375–379.

Supriyanto, D. (2012). Pengembangan Model Modifikasi Permainan Sepakbola Untuk Siswa Sekolah Dasar, 12(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36728/Jis.V12i1.330

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Wahyu Afandi, M. (2017). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Mi Nahdlatul Ulama Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, 5(2), 253–259.

Yusuf, W. B. (2014). Pengaruh Pemanasan Dalam Bentuk Permainan Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 64–68.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.544

Article Metrics

Abstract view : 359 times
PDF - 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)



Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.