EFEKTIVITAS PENDIDIKAN JASMANI PADA SAAT BELAJAR DARING (E-LEARNING) SISWA KELAS XI SMK BINA KUSUMA 2 NANGA PINOH

Rijal Nurdin, Kurnia Dyah Anggorowati, Nur Moh Kusuma Atmaja

Abstract


Abstrak: This study aims to find out if physical education taught online is effectively
implemented in grade XI students of SMK Bina Kusuma 2 Nanga Pinoh. This study uses
descriptive qualitative research with triangulation data collection techniques. Which in this
study researchers describe the results of research that researchers get through observations of
schools namely SMK Bina Kusuma 2 Nanga Pinoh, interviews with sports teachers in the school
and questionnaires given to students. From the results of the obrevasi conducted by the
researchers showed that Physical education conducted online is not effective, then from the
results of the interview of researchers with sports teachers in the school obtained the results that
physical education taught online is not effective and the results of agket students showed that
physical education taught online is not effective with a percentage of 40%. Based on the results
of the research, researchers showed that physical education taught online is very ineffective
because it has constraints such as internet network, students' internet kouta and lack of response
of students when following learning.

Keywords : Effectiveness, Physical Education, Online Learning

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendidikan jasmani yang diajarkan
secara daring efektif dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Bina Kusuma 2 Nanga Pinoh.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
triangulasi. Yang dimana dalam penelitian ini peneliti mendiskripsikan hasil penelitian yang
peneliti dapatkan melalui observasi kesekolah yaitu SMK Bina Kusuma 2 Nanga Pinoh,
wawancara dengan guru olahraga disekolah tersebut dan angket yang diberikan kepada siswa.
Dari hasil obrevasi yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa Pendidikan jasmani yang
dilakukan secara daring tidaklah efektif, kemudian dari hasil wawancara peneliti dengan guru
olahraga di sekolah tersebut mendapatkan hasil bahwa Pendidikan jasmani yang diajarkan secara
daring tidaklah efektif dan hasil agket siswa menunjukan bahwa Pendidikan jasmani yang
diajarkan secaraa daring tidaklah efektif dengan presentase 40%. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilaakukan peneliti menunjukan bahwa Pendidikan jasmani yang diajarkan secara daring
sangatlah tidak efektif karena memiliki kendala seperti jaringan internet, kouta internet siswa dan
kurangnya respon siswa pada saat mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci : Efektivitas, Pendidikan Jasmani, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


Afifatu, Rohmawati (2015:16)

Efektivitas pembelajaran daring.

Jakarta

Dahiya, (2012: 98) Pengertian elaerning.

Bandung

Herdiansyah, H (2010) Metode

Penelitian Kualitatif untuk Ilmuilmu

Sosial. Jakarta: Salemba

Humanika.

Moleong, L. J (2010) Metodologi

penelitian kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Rohman (2016: 83) Mamfaat belajar

e-learning. Surabaya.

Sayono (2010) Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabeta.

Sudarmono, M (2014) “Pengembangan

Permainan Boros

untuk

Pembelajaran

Pedndidikan

Jasmani Olahraga dan Kesehatan

siswa Sekolah Menengah

Pertama”. Jurnal Of Physical

Education and Sport. Vol 3 (1)

tahun 2014 : hal 175-180.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian

Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Supardi (2009) Strategi Belajar

Mengajar Pendidikan Jasmani

dan Kesehatan. Bandung: Depdikbud Dirjen Dikti.

_ (2013:16) Pengertian pembelajaran

yang

efektif. Bandung:

DepdikbudDirjen Dikti.

Utama Bandi, A. M (2011)

Pembentukan Karakter Anak

Melalui Aktivitas Bermain

Dalam Pendidikan Jasmani.

Universitas

Pendidikan

Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i2.445

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.