PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DALAM PEMBELAJARAN LARI SPRINT PADA SISWA KELAS XI SMA BHAKTI SETIA NANGA PINOH
Abstract
Abstrack: the purpose of this study was to determine the effect of audio visual media on student
interest in sprint running material. The method used in this research is pre-expiremen with one
group pretest-posttest research design. The sample in this study amounted to 32 studens, using a
sampling technique. The data collection tehniques used were observation techniques,
questionnaire techniques, and documentation techniques. Data analysis used Cronbacg’s Alpa
Tets. The results showed that there was an effect of audio-visual media on student interest, it was
known from ≥ r table test, namely 50,285 ≥ 1.96 so that Ho was rejected and Hi was accepted.
And the amount of influence before the use of audio visual media is 0.48, and after the use of audio
media is 0.73. the conclusion is that using audio- visual media in learning physical education for
sprint running has an influence on student interest.
Keywords: Audio Visual Media, Sprint Running, Student Interest.
Abstrak: tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui pengaruh media audio visual terhadap
minat siswa pada materi lari sprint. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah preexpiremen
dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 32 siswa, dengan menggunakan tehnik sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah Teknik observasi, Teknik angket, dan Teknik dokumentasi. Analisis data
menggunakan uji alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media
audio visual terhadap minat siswa, hal ini diketahui dari uji r hitung ≥ r tabel yaitu 50.285 ≥ 1,96
sehingga Ho ditolak dan Hi dterima. Besar pengaruh sebelum penggunaan media audio visual
sebesar 0.48, dan sesudah penggunaan media audio visual sebesar 0.73. kesimpulannya dengan
menggunakan media audio visual dalam mata pelajaran penjaskes materi lari sprint terdapat
pengaruh pada minat siswa.
Kata kunci: Media Audio Visual, Lari Sprint, Minat Siswa.
Full Text:
PDFReferences
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ikbal. (2010). Pengaruh Motivasi Terhadap
Minat Siswa. Jakarta: salemba medika.
Semiawan. (2010). Lingkungan Keluarga
Yang Mempengaruhi Motivasi. Jakarta:
Grasindo.
Susanto. (2013). Toeri Dan Pembelajaran di
Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Media Group.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i2.443
Article Metrics
Abstract view : 60 timesPDF - 110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)
Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com
STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.