UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DALAM SENAM LANTAI DENGAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 KANCONG TANAH PINOH BARAT

Sahrol Sahrol, Khairil Akbar, Nur Moh Kusuma Atmaja

Abstract


Abstract: This study aims to be a classroom action research (PTK). This study uses 2 cycles, where each cycle consists of: 1) planning: 2) implementation: 3) observation: 4) reflection. The research carried out included 3 domains, namely the cognitive, affective, and psychomotor domains. In addition, observations were made of the learning process during the research activities and made a questionnaire in the form of a questionnaire of interest and learning motivation, to determine the extent of student satisfaction and interest in participating in learning. by using the game method. It can be concluded that the front roll floor gymnastics learning through the three-post game has a positive effect, namely it can improve learning outcomes and student interest and motivation as indicated by the average student's answer who strongly agrees 100% on the student interest questionnaire agree 100% on the results of the student motivation questionnaire
Keywords: Learning Outcomes, Front Roll, Playing Method
Abstrak: Penelitian ini bertujuan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas: 1) perencanaan: 2) pelaksanaan: 3) pengamatan: 4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.selain itu dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran selama kegiatan penelitian berlangsung dan membuat angket kuisioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode permainan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan tiga pos mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan minat serta motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan sangat setuju 100% pada angket minat siswa, dan siswa menjawab sangat setuju 100% pada hasil angket motivasi siswa
Kata Kunci: Hasil Belajar, Guling Depan, Metode Bermain


Full Text:

PDF

References


Anni. 2004. Aktivitas Belajar dan Pembelajaran Siswa. Bandung: PT Refika Aditama

Aqib Zainal. 2006. Profesional guru dalam pembelajaran, Surabaya: Cendekia

Nasution. 2004. Aktivitas Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardiman. 2006. Aktivitas Pelajar Peserta Pidik. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana. 2004. Hasil Belajar Peserta Didik. Jakarta: PT Multi Kreasi Satudelapan




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i1.318

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.