PENERAPAN PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP BELIAN PERMAI

Yohanes Bulu, Eko Rudiansyah, Khairil Akbar

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to improve learning learning outcomes in volleyball games with creative learning VII grade students of Belian Permai Nanga junior high school. This study uses classroom action research (Clasroom action research) using the action cycle. In this action research, using the models described are: Planning, Action (Action), Observation (Observation) and Reflection (Reflection). The results of the research findings are: student learning outcomes increase, because in the first cycle the average value of students is 55.60 while in the second cycle the average value of students is 80.18 has reached the criteria set. Based on the results of the study it can be concluded that through creative learning can improve volleyball learning basic passing techniques for Belian VII grade VII students in Nanga Pinoh. In this study, it can be suggested, the education teacher is expected to be able to plan and develop creativity and be more innovative in the learning process in an effort to improve the competence of students, especially in choosing learning methods.
Keywords: Creative Learning, Volleyball, Learning Outcomes
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar pada permainan bola voli dengan pembelajaran kreatif siswa kelas VII SMP Belian Permai Nanga pinoh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Clasroom action research) dengan menggunakan siklus tindakan. Pada penelitian tindakan ini, menggunakan model yang dijelaskan yaitu: Rencana (Planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observation) dan Refleksi (Reflection). Hasil temuan penelitian adalah : hasil belajar siswa meningkat, karena pada siklus I nilai rata – rata siswa adalah 55,60 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 80,18 telah tercapai kriteria yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kreatif dapat meningkatkan pembelajaran bola voli teknik dasar passing pada siswa kelas VII Belian permai Nanga Pinoh. Dalam penelitian ini, dapat disarankan, guru penjaskes diharapkan dapat merencanakan dan mengembangkan kreativitas dan lebih inovatif pada proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan kompetensi siswa terutama dalam memilih metode pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran Kreatif, Bola Voli, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan

Praktis. Edisi Revisi V. Jakarta:

Rineka Cipta.

Fachrudin K.E. 2000. Motivasi belajar

terhadap siswa. Jakarta: PT.

Gramedia.

Irianto. 1997. Motivasi belajar terhadap

siswa. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.

Sadirman. 2007. Motivasi belajar terhadap

siswa. Bandung: Pioner Jaya.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v7i2.286

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)



Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.