PENERAPAN METODE PBL (PROJECT BASED LEARNING) DALAM PENDIDIKAN JASMANI

Muhammad Akbar Syafruddin

Abstract


Abstract: This research is a qualitative descriptive study which aims to find out the benefits of applying the Project Based Learning (PBL) method in Physical Education learning. The method used in this research is a literature review or library study which utilizes various media such as researchgate, elsevier, and Google Scholar to search for information related to the theme raised. The search for articles that were sources of information in this research used the keywords Project Based Learning (PBL) and Physical Education. A total of 16 articles were used in this research to answer questions according to the themes raised. Based on the literature study, it can be concluded that the application of the Project Based Learning (PBL) method in Physical Education learning can increase learning motivation, self-confidence, creativity, collaboration ability, self-regulation, innovation ability, independent thinking, and student learning outcomes. So it can be stated that the Project Based Learning (PBL) method is very appropriate to use in the Physical Education learning process.

Keywords: Learning Methods, Project Based Learning (PBL), Physical Education.

 

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana manfaat penerapan metode Project Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review atau studi pustaka yang memanfaatkan berbagai media seperti researchgate, elsevier, dan google scholar dalam mencari informasi yang berkaitan dengan tema yang diangkat. Pencarian artikel yang menjadi sumber informasi dalam penelitian ini menggunakan kata kunci Project Based Learning (PBL) dan Pendidikan Jasmani. Sebanyak 16 artikel digunakan dalam penelitian ini untuk menjawab persoalan sesuai dengan tema yang diangkat. Berdasarkan studi pustaka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dapat meningkatkan motivasi belajar, kepercayaan diri, keratifitas, kemampuan kolaborasi, self-regulated, kemampuan berinovasi, berpikir mandiri, dan hasil belajar peserta didik. Sehingga dapat dinyatakan bahwa metode Project Based Learning (PBL) sangat tepat digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Project Based Learning (PBL), Pendidikan Jasmani.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahwan, M. T. R., Basuki, S., & others. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106–119.

ALAWIYAH, L. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA. Universitas Siliwangi.

Ali, M., Atiq, A., Yanti, N., & Pratama, A. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pengembalian Bola Hasil Smash dari Lawan Berbasis Model Project Based Learning pada Pembelajaran Mata Kuliah Tenis Lapangan. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 6(1), 45–52.

Alnedral, A., Gusril, G., Wahyuri, A. S., Ockta, Y., & others. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 20–29.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Bafadal, M. F., & Haetami, M. (2021). The Role of Project-Based Learning (PjBL) Models in Improving the Ability to Organize Wrestling Sports Competitions for Physical Education Students FKIP Tanjungpura University. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(3), 642–648.

Ersyandi, A. (2023). Strategi Pembelajaran yang Mudah Diterapkan untuk Memfasilitasi Pembelajaran Mandiri.

FALIHAH, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BEPIKIR KRITIS DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA KELAS XI MATERI FUNGSI TURUNAN ALJABAR. UniversitasMuhammadiyahSemarang.

Kharisma, D. (2023). LITERATURE REVIEW MODEL BLENDED PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN ABAD KE-21.

Larassary, A., & Wulandari, S. (2022). Optimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model project-based learning dengan media Instagram pada masa new-normal. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(1), 1–10.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12.

Marheni, E., Purnomo, E., & Jermaina, N. (2020). The Influence Of Project Based Learning, Learning Outcomes And Gender In Learning Sport Physical And Health (PJOK) In Schools. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 70–75.

Martiani, M. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 480–486.

Mashud, M., Muhammad, R., Didik, P., Afri, T., Wulandari, A., & others. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa di Indonesia: Article Review. Jendela Olahraga, 7(2), 78–94.

Mesra, R., & Salem, V. E. T. (2023). Pengembangan Kurikulum.

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Yarmani, Y., & Prabowo, A. (2021). Project based blended learning to improve students creativity in sepak takraw. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(2), 300–309.

Nurdyasnyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi teknologi pembelajaran. Nizamia Learning Center (NLC).

Pudjiarti, E. S. (2023). Transformasi Organisasi: Membangun Kultur Pembelajaran untuk Menghadapi Tantangan Masa Kini. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–87.

Purwadi, D. A. (2022). Penguatan Karakter Anak Usia 6-8 Tahun Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(1), 26–37.

Purwadika, P., & others. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik dalam Tema Selalu Berhemat Energi. FKIP UNPAS.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Roseli, R. (2017). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMPN 1 LEMBANG. Universitas Pendidikan Indonesia.

Saputro, B. (n.d.). Implementation of the Project Based Learning (PjBL) Learning Model in Elementary School PJOK Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4(6), 6–10.

Suwiwa, I. G. (2021). Effectiveness of Project Based Learning in Blended Learning to Increase Student Knowledge and Skill in Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 6(2), 262–267.

Syafruddin, M. A., Haeril, H., & Hasanuddin, M. I. (2022). PHYSICAL EDUCATION LEARNING IN THE 21st CENTURY. Hanoman Journal: Physical Education and Sport, 3(2), 71–78.

Syafruddin, M. A., Jahrir, A. S., Yusuf, A., & others. (2022). PERAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 10(2), 73–83.

Utami, S. N., Gustiawati, R., & Purbangkara, T. (2022). Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(2), 442–450.

Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka? PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(1), 34–48.

Yani, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 10–15.

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40–46.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i1.1883

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.