FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI SMPN 1 TULANGAN

Ade Herlingga, Andhega Wijaya

Abstract


Abstract: The aim of this research is to determine the determining factors that influence the interest of students at SMP Negeri 1 Tulangan in choosing football as an extracurricular activity. That way, schools can achieve even better achievements, especially in the nonacademic extracurricular field of football. This research method is quantitative descriptive. Data collection uses survey techniques, collecting data information through questionnaires. The research instrument used was a questionnaire. The research results show that external factors have a greater contribution, namely 64%, while internal factors have a contribution of 36%. The indicators that have the greatest contribution in influencing students' interest in choosing football extracurriculars are feelings of pleasure and interest with percentages of 19% and 17% respectively. Then followed by the trainer indicator at 17%, then the environment and facilities indicator has the same percentage, namely 16% and the family indicator at 15%. Thus, it can be concluded that students have greater interest in choosing football extracurriculars because of personal desires that arise from feelings of pleasure and interest. Then, with coaches who are licensed and experienced in their field, students will be very interested in increasing their potential and skills in the game of football.

Keywords: Interest, Football, Extracurricular.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penentu yang mempengaruhi minat siswa di SMP Negeri 1 Tulangan dalam memilih sepak bola sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Dengan begitu sekolah dapat mencapai prestasi yang lebih baik lagi khususnya di bidang non akademik ekstrakurikuler sepak bola. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik survei, mengumpulkan informasi data melalui kuisioner. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal memiliki andil yang lebih besar, yaitu sebesar 64%, sedangkan faktor internal memiliki andil sebesar 36%. Indikator yang paling banyak memiliki andil dalam mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler sepak bola adalah rasa senang dan ketertarikan dengan persentase masing-masing sebesar 19% dan 17%. Kemudian diikuti indikator pelatih sebesar 17% lalu indikator lingkungan dan fasilitas memiliki persentase yang sama sebesar 16% dan indikator keluarga yaitu sebesar 15%. Dengan demikian dapat disimpulkan siswa memiliki minat yang lebih besar memilih ekstrakurikuler sepak bola dikarenakan keinginan pribadi yang timbul dari rasa senang dan ketertarikan. Kemudian, dengan adanya pelatih yang berlisensi dan berpengalaman di bidangnya membuat siswa menaruh minat yang tinggi untuk meningkatkan potensi dan skill dalam permainan sepak bola.

Kata Kunci: Minat, Sepak Bola, Ekstrakurikuler.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, N., & Citra, R. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang Pada Siswa Kelas X. Jurnal Speed, 2(1), 1–7.

America- Society of Health, S., & Educators, P. (2015). The Essential Components of Physical Education Figure 1. Physical Literacy. www.shapeamerica.org

Amrullah, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Studi Islam, 10(2), 1–14.

Arduta, M. Z., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Faktor Penentu Minat Siswa SMP Dalam Mengikuti EKstrakurikuler Bulutangkis Di Purwokerto. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 41–51. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8322

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2), 129–136.

Jannah, N. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 1 Rantau. Jurnal Mahasiswa Bk an-Nur, 1(1), 34–43.

Maksum, A. (2018a). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. In Unesa University Press.

Maksum, A. (2018b). Statistik Dalam Olahraga. In Unesa University Press.

Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal, 1(1), 27. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1998

Ridwan, M., Darmawan, G., & Indiarsa, N. (2017). Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Passing. Jurnal Bravo, 5(1), 16.

Romdloni, M. M. (2019). Penerapan Small Sided Games Terhadap Hasil Belajar Passing dan Control Dengan Kaki Bagian Dalam Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07(02), 183–188. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Shilviana & Hamami. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8, 159–177.

Simbolon, N. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. 14–19. http://sholahuddin.edublogs.org/2012/04/2

Sudarmono, M., Annas, M., & Hanani, S. (2020). Sistem pembinaan ekstrakurikuler sepakbola di Kabupaten Banyumas. Jurnal Penjakora, 5(1), 64–75. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/14478




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i1.1881

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.