PENGARUH MEDIA BOLA KARET TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 ENTIKONG

Yulita Yulita, Vera Riyanti, Yulia Suriati Tohcin

Abstract


Abstract: This research is a qualitative research, this data analysis compares the pre-test and post-test data "one-group pretest and post-test design to pretest (O1)" before being given treatment. Data collection used the pre-test and post-test of service skills, before treatment (without media) and after treatment using rubber ball media. The data analysis technique uses the t test, correlation calculations are carried out using the product moment formula. The result of the t test was 9.431 which was obtained from the results of the absolute calculation of the pri-test and post-test samples and the t-table value was 1.753 with a significant relationship level of 0.005 meaning that it was significantly less than 0.05. With the results of t count greater than t table so that the results of the alternative hypothesis (Ha) are accepted. The amount of change in the upper serve skills increased after being given treatment. The increase in upper serve skills was 7.678 after being treated using a rubber ball as a medium. Thus the results of the t test value show an increase in volleyball service skills using rubber ball media in the SMP Negeri 3 Entikong.

 

Keywords: Rubber ball media, top serve skills, volleyball.

 

ABSTRAK:Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, analisis data ini membandingkan data pre-test dan post-testone-grup pretes dan post-test desing terhadap pretes (O1) sebelum diberikan perlakuan.. Pengambilan data menggunakan pre-test dan post-test keterampilan servis atas, sebelum perlakuan (tanpa media) dan sesudah perlakuan menggunakan media bola karet.. Tehnik analisis data menggunakan uji t, perhitungan korelasi dilakukan dengan rumus product moment. Hasil uji t diperoleh 9,431 yang diperoleh dari hasil perhitungan mutlak sampel pri-tes dan post-test dan nilai t tabel sebesar 1,753 dengan tingkat signifikan hubungan 0,005 artinya signifikan lebih kecil 0,05. Dengan hasil t hitung lebih besar pada t tabel sehingga hasil hipotesis alternatif (Ha) di terima. Besarnya perubahan keterampilan servis atas tersebut meningkat setelah diberikan perlakuan. Peningkatan keterampilan servis atas sebesar 7,678 setelah diberikan perlakuan menggunakan media bola karet. Dengan demikian hasil nilai uji t tersebut menunjukan adanya peningkatan keterampilan  servis atas  bola voli dengan menggunakan media bola karet SMP Negeri 3 Entikong.

Kata Kunci: Media bola karet, keterampilan servis atas, bola voli.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kamaruddin, I., Irvan, I., & Nur, M. Pemanfaatan Bola Karet Untuk Meningkatkan hasil Belajar Servis Bawah Dalam Pembelajaran Bolavoli. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 5(1), 80-89.

Suin, Vera Riyanti, Yulita “Pengaruh Media Bola Gantung Terhada Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Di Smp Negeri 4 Satap Entikong” jurnal pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (penjaskesrek) volume 10, nomor 2, juli 2023

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syaleh, Muhammad. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Media Pembelajaran Lempar Pukul Bola Kertas pada Siswa Kelas VII SMP." Jurnal Prestasi 1.1 (2017).

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif.

Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i1.1880

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.