IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MOTOR EDUCABILITY SISWA SEKOLAH DASAR

Rosa Damai Yanti, Eka Supriatna, Rahmat Putra Perdana, Y. Touvan Juni Samodra, Rubiyatno Rubiyatno

Abstract


Abstract: Motor educability is a very important study. The speed at which children learn to move depends on their motor educability. The aim of this study was to describe the motor educability of third grade elementary school students. This research uses a survey method, quantitative descriptive. The research sample was 49 grade 3 elementary school students at SDN Sengawang Tengah, Sambas, West Kalimantan. Measurement of motor educability uses the. IOWA-BRACE TEST motor educability, which consists of 21 test items. The results of the research data were then analyzed using the help of Excel. The data is presented in the form of measures of central tendency. Based on the calculation results obtained status, no student has a very good motor educability status, the overall average ability of motor educability is in the medium category.
Key words: Motoric, Motor Educability, Elementary School Students
Abstrak: motor educability merupakan kajian yang sangat penting. Kecepatan anak untuk belajar gerak tergantung dari kemampuan motor educability. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan motor educability siswa sekolah dasar kelas III. Penelitian ini menggunakan metode survey, deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 49 siswa sekolah dasar kelas 3 SDN Sengawang Tengah, Sambas, Kalimantan Barat. Pengukuran motor educability menggunakan. IOWA-BRACE TEST tes motor educability yang berjumlah 21 item tes. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan bantuan exel. Data disajikan dalam bentuk ukuran tendensi sentral. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh status, tidak ada siswa yang memiliki status motor educability yang sangat baik, rerata secara keseluruhan kemampuan motor educability masuk dalam kategori sedang.
Kata kunci: Motorik, Motor Educability, Siswa Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adi Sumarsono, A. (2018). Media Audio Visual Sebagai Solusi Efektif Pembelajaran Teknik Gerak. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1).

AH, N. M. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2).

Aisyah, S., Muhtar, T., & Yudiana, Y. (2020). The Effect of Training Method and Educability on Karate-Kata Skill. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(1). https://doi.org/10.17509/tegar.v4i1.26708

Aktifah, N., Sabita, R., Nurseptiani, D., & Pratiwi, C. A. (2021). Peningkatan Keterampilan dengan Latihan Dasar Motorik Halus (Aktivitas Menulis) Pada Guru SLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Community Empowerment, 6(3). https://doi.org/10.31603/ce.4490

Amirul Huda, F. (2017). Pengertian Populasi, Sampel, Jenis Sampling, dan Teknik Sampling. Pengertian Populasi, Sampel, Jenis Sampling, Dan Teknik Sampling.

Amrullah, S., Prayoga, A. S., & Wahyudi, A. N. (2021). Penerapan Gerak Teknik Dasar Pencak Silat Bagi Perkembangan Motorik Anak Usia 10-12 Tahun di SDN Wonokerto 4 Kukuh. Journal Active of Sport, 1.

Anisah, D., Kamidi, A., Tuasikal, A. R. S., & Suroto, S. (2020). PERMAINAN KIDS ATHLETICS SEBAGAI STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK SEKOLAH DASAR KELAS V dan VI. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.17977/um040v4i1p66-72

Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI OLAHRAGA DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 16 SINTOGA KECAMATAN SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal MensSana, 3(2). https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75

Asriansyah, A., & Mahendra, A. (2020). Model Permainan Perseptual Motorik Melalui Ban Motor Bekas Dalam Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 5(2). https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6208

Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif - Google Books. CV. Media Sains Indonesia.

Birriy, A. F., Indahwati, N., & Nurhasan, N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Permainan Bocce Berbasis PBL Bagi Down Syndrome Untuk Mengajarkan Keterampilan Motorik Dan Berinteraksi Sosial. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(2). https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p94-103

Cahyadi, A., Subarjah, H., Yudiana, Y., & Hidayat, Y. (2019a). Badminton Skill: The Influence Teaching Style and Motor Educability. PONTE International Scientific Researchs Journal, 75(9). https://doi.org/10.21506/j.ponte.2019.9.10

Cahyadi, A., Subarjah, H., Yudiana, Y., & Hidayat, Y. (2019b). The Influence of Teaching Styles on the Skill of Badminton Reviewed from Motor Educability. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.4

Cendra, R., Gazali, N., Parulian, T., Alficandra, A., & Apriani, L. (2018). PELATIHAN METODE PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI PADA GURU PAUD. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1). https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.137

Dwi Candra, R., & Hidayah, T. (2015). PENGARUH METODE LATIHAN DAN KEMAMPUAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL LATIHAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA. JPES, 4(2).

Dwi, R., Sulaiman, C. , & Hidayah, T. (2015). Journal of Physical Education and Sports PENGARUH METODE LATIHAN DAN KEMAMPUAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL LATIHAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA Info Artikel. In JPES (Vol. 4, Issue 2).

Fadhullah, R. F., Teguh, L., & Wiguno, H. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Kasar Pada Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(8).

FAJAR, M. (2017). Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664

Febrianta, Y. (2017). Model Pembelajaran Motorik Yang Menyenangkan Di Pendidikan Anak Usia Dini. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3).

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Ida Zubaida, Lestari, A. T., & Bachtiar. (2021). Teaching Methods and Educability Motors: Effectiveness in Improving Long-Jump Skills. Journal Sport Area, 6(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5274

Ilhami, B. S., & Khaironi, M. (2018). Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02). https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1023

Kasim, S., Maelissa, S. R., & Lilipory, M. (2021). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) EFEKTIF MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS. MOLUCCAS HEALTH JOURNAL, 2(2). https://doi.org/10.54639/mhj.v2i2.524

Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2).

Komarudin, K., Nurcahya, Y., Nurmansyah, P., & Kusumah, W. (2020). The Influence of Life Kinetic Training Method and Motor Educability on Improvement of Football Playing Performance. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.073

Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi ( APE ) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun Educational Game Equipment Promotes Fine Motoric Development in Children 4-6 Years. Jurnal Kesehatan, 11.

Pahenra, P., Selman, H., Rohmania, R., Nasir, N., Said, H., Sasnita, U., & Rusli, T. I. (2021). Sirkuit Bola Keranjang: Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1077

Pradana, V. O., & Noval, A. (2018). Hubungan Motor Educability dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta. JOURNAL SPORT AREA, 3(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316

Ratnawati, M. (2018). CHILD LIFE PROGRAM MELALUI KOLASE SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 4(2). https://doi.org/10.33023/jpm.v4i2.160

Rohmadi, R. (2021). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK MELALUI PERMAINAN LEMPAR TANGKAP BOLA. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40705

Rustiawan, H., & Rohendi, A. (2021). Kontribusi Motor Educability Dalam Low Rope Circuit Activity Pada Kegiatan Outbound. Jurnal Keolahragaan, 7(1). https://doi.org/10.25157/jkor.v7i1.5303

Samodra, T. J. (2021). PEMAHAMAN KONSEP BERMAIN SISWA MOTORIK TINGGI DAN RENDAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME for UNDERTANDING (TGfU). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.31105

Samodra, Y. T. J. (2021). Persepsi motorik siswa sekolah dasar kelas 3, 4, dan 5. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(1).

Sriningsih, Sutresna, N., Rohmat, N. D., & Ilmawati, H. (2017). The correlation between butterfly swimming technique with motor ability and motor educability. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 180(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/180/1/012263

Syamsuddin. (2014). Influences of teaching styles and motor educability on learning outcomes of volleyball. Asian Social Science, 10(5). https://doi.org/10.5539/ass.v10n5p109

Syiroj, A., Sunarno, A., & Dewi, R. (2017). Perbedaan Gaya Mengajar Dan Motor Educability Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas XI MAN Rantauprapat. Jurnal Pedagogik Olahraga, 3(1).

Ulfadilah, N., Mulyana, E. H., & Muslihin, H. Y. (2021). Pemanfaatan Media Permainan Sains untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.6605

Zhang, L., Wu, Z., Zhang, X., & Tang, J. (2017). Performance in Motor Imagery Tasks can be improved by Transcranial Alternating Current Stimulation. Proceedings - 2016 9th International Congress on Image and Signal Processing, BioMedical Engineering and Informatics, CISP-BMEI 2016. https://doi.org/10.1109/CISP-BMEI.2016.7852991




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i2.1300

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)



Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.