UPAYA MEMFASILITASI BEROLAHRAGA LOMPAT TINGGI BERBASIS REKREASI PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 NANGA PINOH

Mawa Mawa, Mohamad Rif'at, Deki Wibowo

Sari


Abstract: High jump is a form of movement jumps over the fore legs lifted in an attempt to bring the weight point as high as possible and as quickly as possible (landed), which is carriedout quickly and with the road through the repercuccion on one foot to reach a certain height. This research uses research methods class action which is a cycle that consists of: a problem – action plan – implementation of actions – evaluation and reflection. The subjects used was the whole grade VI Interior SD 04 Nanga Pinoh as much as 22 students who 12 women and 10 men students. Research results increased participation of students in the learning process of physical education and health in order to facilitate the exercise of these leisure – based high jump looks from the result, on the affective aspect covers value spirit, sportif value, the value of confidence and values honesty and psychomotor aspects on which includes the prefix, object, hovering above the slide and landing in the learning process-increasing your 64% with and average rating of 59.7 and 100% with an average score of 75. Based on the results of the study it can be concluded that: (1) there is an increase in the ability of the affective and psychomotor action took place after students by applying the method of learning-based recreation. (2) after the action was held by applying methods of recreation-based learning on learning can facilitate high jump exercise on grade VI Interior SD 04 Nanga Pinoh.

Keywords: High Jump, Facilitates The Exercise, Recreation-Based.

 

Abstrak: Lompat tinggi adalah suatu bentuk gerakan melompat mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan setinggi mungkin dan secepat mungkin (mendarat) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melalui tolakan pada salah satu kaki untuk mencapai suatu ketinggian tertentu”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu siklus yang terdiri atas: adanya masalah – rencana tindakan – pelaksanaan tindakan – evaluasi dan refleksi. Subyek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 04 Nanga Pinoh sebanyak 22 siswa yang berkomposisi 12 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Hasil penelitian peningkatan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan dengan upaya memfasilitasi berolahraga lompat tinggi berbasis rekreasi ini terlihat dari hasilnya, pada aspek afektif yang mencakup nilai semangat, nilai sportifitas, nilai percaya diri dan nilai kejujuran dan pada aspek psikomotorik yang mencakup awalan, tumpuan, melayang diatas mistar dan pendaratan dalam proses pembelajaran semakin meningkat dengan kriteria 64% dengan nilai rata-rata 59.7 dan 100% dengan nilai rata- rata 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat peningkatan pada kemampuan afektif dan psikomotorik siswa setelah diadakan tindakan dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis rekreasi. (2) setelah diadakan tindakan dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis rekreasi pada pembelajaran lompat tinggi dapat memfasilitasi berolahraga pada siswa kelas VI SD Negeri 04 Nanga Pinoh.

Kata Kunci: Lompat Tinggi, Memfasilitasi Berolahraga, Berbasis Rekreasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati & Mudjiono (2009) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lutan, R. & Suherman, A. 2000 Perencanaan Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Munasifah. 2008. Atletik Cabang Lompat. Semarang: Aneka Ilmu.

Pribadi. A .B. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Riyadi. T . 1985. Petunjuk Atletik. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Saputra, Y.M. 2001. Dasar-dasar Ketrampilan Atletik, Pendekatan BermainUntuk SLTP. Jakarta : Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Bekerja Sama Dengan Direktorat Jenderal Olahraga.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syarifuddin, A. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.