UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR SIKAP LILIN PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DENGAN MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SOKAN

Jeria Jeria, Mohamad Rif'at, Nur Sulistyo Muttaqin

Sari


Abstract: This study aims to improve the basic candle motions in learning the floor gymnastics with wall media in grade X SMA Negeri 1 Sokan. Based on the results of the study it can be concluded that with the wall media in learning the candle motion can improve the learning outcomes in grade X SMA Negeri 1 Sokan. There was significant improvement from pra-cycle, cycle 1 and cycle 2. In the pre cycle the percentage of student learning outcomes only reached 16% and in the first cycle the percentage of completeness of the learning outcomes of candle motion was 75% with the number of students reaching the complete category was 18 students, while in cycle II the percentage of completeness was 96.87% with the number of students categorized as complete as 23 students from the total number of students is 24 students.

Keywords: Candle motion, wall media, floor gymnastic

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar sikap lilin dalam pembelajaraan senam lantai dengan media dinding pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sokan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan media dinding dalam pembelajaraan sikap lilin dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar sikap lilin dalam senam lantai pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sokan.Dari hasil yang telah dianalisis diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase hasil belajar siswa hanya mencapai 16% dan pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar sikap lilin sebesar 75%  dengan jumlah siswa yang masuk kategori tuntas adalah sebesar 18 siswa,sementara itu pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 96,87% dengan jumlah siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 23 siswa dari jumlah keseluruhan siswa  yaitu 24 siswa.

Kata Kunci : Sikap lilin, Media dinding, senam lantai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Reserch). Jakarta: Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan Guru.

Lewin, K. 1990. Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Jakarta: Katapena.

Mahendra. 2001. Senam. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Miarso. 2007. Media pembelajara. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.