PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENALARAN MELALUI PERMAINAN (MP3) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Dwi Qomara, Kurnia Dyah Anggorowati

Sari


Abstract: This study aims to determine the increase in student participation after being taught using an MP3 learning model using a scientific approach in addition to knowing the value of cooperation in traditional games (Tiboy) in learning learning. Based on the analysis of the research data, it was concluded that there was an increase and participation of students after being taught using the reasoning learning model through games (MP3) with a scientific approach that was associated with the attitude of cooperation in traditional games (Tiboy) in learning in health in class VIII A of SMPN 2 Nanga Pinoh, shows the results that can be seen from the average value of pretest 22.8 and posttest average 78.

Keywords: learning model, MP3 game, scientific approach

 

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa setelah di ajarkan menggunakan model pembelajaran MP3 menggunakan pendekatan saintifik selain itu untuk mengetahui nilai kerjasama pada permainan tradisional (Tiboy) dalam pembelajaran penjaskes. Berdasarkan analisis terhadap data hasil penelitian, disimpulkan adanya peningkatan dan partisipasi siswa setelah di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran penalaran melalui permainan (MP3) dengan pendekatan saintifik yang dikaitkan dengan sikap kerja sama pada permainan tradisional (Tiboy) dalam pembelajaran penjaskes di kelas VIII A SMPN 2 Nanga Pinoh, menunjukkan hasil yang dapatdilihat dari nilai rata-rata pretest 22,8 dan rata-rata posttest 78.

Kata kunci : Model pembelajaran, Permainan MP3, pendekatan Saintifik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Enggen, P. dan Kuachak, D. 2012. Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta: PT. Indeks.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranata, S. 2009. Analisis, validitas, reliabilitas dan interpretasi hasil tes implementasi kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sutikno, S. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica

Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.