PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL IPA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS HOTS DENGAN PENDEKATAN TPACK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Vivi Nurul Sofia, Nana Hendracipta, A. Syachruroji

Abstract


Pembelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang krusial dalam kehidupan sehari-hari sehingga memerlukan bantuan media agar peserta didik memahami konsep dengan baik terutama pada materi sistem peredaran darah. Adapaun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan modul, mengetahui kelayakan modul serta mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan bahan ajar modul berbasis HOTS dengan Pendekatan TPACK pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V. Metode penelitian yang digunakan ini mengacu pada desain penelitian Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Penelitian ini melalui enam tahapan yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk. Melalui tahap validasi diperoleh hasil tingkat kelayakan dari segi materi sebesar 85,5% dan masuk kategori “sangat layak”, dari segi desain media sebesar 81,5% dan masuk kategori “sangat layak”, serta dari segi bahasa sebesar 91% dan masuk kategori “sangat layak”. Kemudian setelah dilakukan revisi media sesuai dengan saran perbaikan validator, peneliti melakukan uji coba produk kepada peserta didik kelas V sebanyak 20 peserta didik dengan hasil 91,3% dengan kategori “sangat baik”.


References


(2021). Pengembangan Modul Ipa Bermuatan Higher Order Thinking Skills (Hots) di Sekolah Dasar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(1).

Arbianto, U. F., Widiyanti, W., & Nurhadi, D. (2019). Kesiapan Technological, Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Bidang Teknik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 1(2), 1-9. BSNP. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.

BSNP. (2008). Lampiran 1 Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Mandikdasmen. Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Chen, C. H. (2020). Impacts of augmented reality and a digital game on students’ science learning with reflection prompts in multimedia learning. Educational Technology Research and Development, 68(6), 3057-3076.

Depdiknas, D. D. (2007). Manajemen Pembinaan TK dan SD. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum, Depdiknas.

Dewi, E. M., Annisa, M., & Kunadi, D. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Mengembangkan Karakter pada Siswa Kelas VA SDN 007 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 54-66.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamid, H. (2013). Pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. CV. Pustaka Setia.

Hasna, S. (2020). Pengembangan Modul Materi Sistem Perkembangbiakan Pada Tumbuhan dan Hewan Kelas IX Smp Berorientasi Pada Higher-Order Thinking Skills (HOTS) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Helmawati, S. E. (2019). Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Hots Higher Order Thinking Skill. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hutari, M. Suryansyah. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Model Quantum Teaching di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 155-165.

Jamaludin, U., & Rachmatullah, R. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: Nurani.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniawati, R., Sahputra, R., & Kartini, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahun Alam (IPA) Di Kelas V SDN 04 Nanga Pinoh. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 33-39.

Majid, A. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Pratiwi, W. (2018, November). Pengembangan bahan ajar bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) pada pembelajaran tema persatuan dalam perbedaan. In Prosiding seminar nasional Unimus (Vol. 1).

Purwanti, S., & Putri, R. Z. A. (2021). Pengembangan Modul Berbasis HOTS Pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 155-160.

Purwanto, A., Paiman, P., & Sudiro, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Informasi Geografis Berbasis Higher Order Tinking Skill (HOTS). Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(1), 43-52.

Puspitasari, E. (2014). Penerapan Metode Guide Inquiry dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-12.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).

Rofiah, E. (2016). Pengembangan modul pembelajaran ipa berbasis high order thinking skill (hots) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas viii smp/mts (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Rusliadi, M., Waluyo, E., & Badarudin, B. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Suluh Edukasi, 3(1), 7-15.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Setiyowati, T. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materimendeskripsikan Fungsi Organ Pernapasan Pada Manusia Dengan Menggunakan Model Discovery Di Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019, December). Pentingnya technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 417-422).

Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316-335.

Sofan, A., & Ahmadi, L. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan praktik kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta Cv.

S Sujana, A. (2014). Dasar-Dasar IPA: Konsep dan aplikasinya. UPI Press.

Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Pedagogia.

Sulistyorini, S. (2007). Model pembelajaran IPA sekolah dasar dan penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Susanto, A. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).(2015). Análisis de compensación de emisiones de co2 por medio de un proyecto de reciclaje de pet en Enka de Colombia. Biomass Chem Eng, 49(23-6), 22-23.

Syah, D., & Supardi & Eneng, M. (2009). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Usman, A. (2015). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan Untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3).

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52-59.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.898

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.