MERDEKA BELAJAR YANG TERCERMIN DALAM KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS TINGGI DI UPT SPF SDN KIP MACCINI KOTA MAKASSAR

Rahma Ashari Hamzah, Ira Irviana, Rahmawati Rahmawati, Ince Prabu Setiawan Bakar

Abstract


Abstract:Free learning is reflected in the professional competence of high-class teachers at UPT SPF SDN KIP Maccini Makassar City. This study aims to find out 1) how the learning process is seen from the reflection of the professional competence of high-class teachers in independent learning and 2) how the learning outcomes are seen from the reflection of the professional competence of high-class teachers in independent learning. The research method used is qualitative research. The main informants in this study were high grade teachers as many as three people, namely class IVb teachers, class Va teachers, and class VIa teachers. To collect data in this study used the instruments of observation, interviews, and documentation. The results obtained in this study stated that the average professional competence of high-grade teachers was in the good category seen from the process and learning outcomes carried out by high-grade teachers which had accommodated indicators of teacher professional competence to the fullest, such as delivering learning materials creatively using information and communication technology such as Smart TV, and LCD. Thus, students gain knowledge not only from one source but from various sources so as to make students active and the learning process in class feels more fun.

 

Keywords: Independent Learning, Professional Competence, High Class Teacher

 

 

Abstrak: Merdeka belajar yang tercermin dalam kompetensi profesional guru kelas tinggi di UPT SPF SDN KIP Maccini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana proses pembelajaran dilihat dari cerminan kompetensi profesional guru kelas tinggi dalam merdeka belajar dan 2) bagaimana hasil pembelajaran dilihat dari cerminan kompetensi profesional guru kelas tinggi dalam merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi sebanyak tiga orang yaitu guru kelas IVb, guru kelas Va, dan guru kelas VIa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan bahwa rata-rata kompetensi profesional guru kelas tinggi berada pada kategori baik dilihat dari proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan guru kelas tinggi yang dimana sudah mengakomodasi indikator dari kompetensi profesional guru secara maksimal, seperti menyampaikan materi pembelajaran secara kreatif menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti Smart TV, dan LCD. Dengan demikian para peserta didik memperoleh ilmu tidak hanya dari satu sumber saja melainkan dari berbagai sumber sehingga membuat peserta didik aktif dan proses pembelajaran di kelas terasa lebih menyenangkan.

 

Kata Kunci: Merdeka Belajar, Kompetensi Profesional, Guru Kelas Tinggi


References


Aradea, R., & Harapan, E. (2019). Pengaruh Penerapan Teori

Belajar Humanistik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada

Mata Kuliah Kewirausahaan. JMKSP (Jurnal Manajemen,

Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 90. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2479

Ason, Y. (2013). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 58–108.

http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/62/124

Slow, L., Rahmawati, P., Sukristin, S., & Gani, G. (2021). Deskripsi

kinerja profesional guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas empat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 9(2), 227–239.

Erlinayanti, A. (2012). Pengaruh latar belakang Erlinayanti, Andinta, ‘Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar Dan

Etos Kerja Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru PKN Di SMA Negeri Kabupaten Magelang’, 2012, 1–95

pendidikan, . 1–95.

https://eprints.uny.ac.id/8535/

Daga, A. T. (2022). PENGUATAN PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI

KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Else (Elementary

School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 6, 1–24.

Murnasih. (2013). РАЗВИТИЕ РЕЛЬЕФА ПЕРЕХОДНЫХ ЗОН ГОРНЫХ СТРАН В КАЙНОЗОЕ No Title. Journal of Chemical Information and

Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wicaksono, T. (2020). Metode Penellitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

http://repository.stiedewantara.ac.id/1164/5/BAB III.pdf

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6 i1.1121




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.883

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.