KPK DAN FPB DENGAN TEKNIK CORET DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

dwi safitri mujiani

Abstract


Abstract: This research is motivated by the low of students learning outcomes in mathematics on the KPK = LCM (least common multiple) and FPB = GCD (greatest common divisor).  During the learning process, students practice to determine prime factors with factor tree before determining the KPK and FPB of a number.  Determining the KPK and FPB by choosing the factorization has not shown encouraging learning outcomes because some students still get scores below the Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). This is because of the students are confused or make the wrong choice when choosing the factorization that will be calculated to look for the KPK and FPB.  This study aims to determine whether the streak technique can increase students’ mathematics learning outcomes on the KPK and FPB subject.  The research was conducted by the Classroom Action Research which was carried out in two cycles with pre-test, in-process test, and post-test.  Data were analyzed using simple statistics by calculating students’ average to see the comparison of student learning outcomes before and after using the streak technique in determining the KPK and FPB.  The result, before using the streak technique, in the pre-test, the students’ average was 48.97. Meanwhile, after using the streak technique, the average in the first cycle is 73.79 and the average increase in the second cycle is 83.45. While the students’ average on the final test is 89.57. Using of this technique can increase student learning outcomes by 40.6%.

 

Keywords: KPK, FPB, Streak Technique, Factorization, Mathematic learning outcomes

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi KPK dan FPB.  Selama proses belajar, siswa banyak berlatih menentukan faktor prima dengan pohon faktor sebelum menentukan KPK dan FPB suatu bilangan.  Menentukan KPK dan FPB dengan cara memilih faktorisasi ini, belum memperlihatkan hasil belajar yang membahagiakan karena sebagian siswa masih mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).  Hal ini disebabkan siswa mengalami kebingungan atau salah pilih ketika memilih faktorisasi yang akan dihitung untuk dicari KPK dan FPBnya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik coret dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi KPK dan FPB.  Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahap pre tes, tes dalam proses dan post tes. Data dianalisa menggunakan statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata siswa, untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa antara 

sebelum menggunakan teknik coret dengan hasil belajar sesudahnya dalam menentukan KPK dan FPB.  Hasilnya, dengan sebelum menggunakan teknik coret, pada Tes Awal (pre tes), rata-rata siswa adalah 48,97. Sedangkan setelah menggunakan teknik coret, rata-rata siklus I adalah 73,79 dan mengalami peningkatan rata-rata pada siklus II, yaitu 83,45. Sedangkan rata-rata siswa pada tes akhir yaitu 89,57.  Penggunaan teknik ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mencapai nilai sesuai KKM sebesar 40,6 %. 

 

Kata Kunci: KPK, FPB, Teknik Coret, Faktorisasi, Hasil Belajar Matematika

 


References


Adrelia, D. I., Kurniawati, V., & Prahmana, R. C. I. (2015). Permainan Bom Angka dalam Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Elemen, 1(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.77

Aswir, & Misbah, H. (2018). PENJAMINAN MUTU PENILAIAN PENDIDIKAN. Photosynthetica, 2(1), 1–13. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/79/57

Inah, E. N. (2015). Peranan Matematika pada Prestasi Belajar Statistik Pendidikan bagi Mahasiswa STAI N Sultan Qaimuddin Kendari. Jurnal Tarbiyah, 2(1), 108–109.

Indrawati, F. (2015). Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (B. Sarwiji (ed.); keempat). indeks.

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122

Rahmawati, P. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 139–154.

Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.

Sumantri, J., Rif’at, M., & Mardiana, M. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Melalui Kegiatan Pembuatan Mainan Dari Kertas. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 72–79.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Pertama 2013). Prenada Media.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.882

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.