PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLANELGRAF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Deden Dicky Dermawan, Panji Maulana, Muhammad Toni Hartono Ikhsan

Abstract


Abstract: This study aims to describe the increase in motivation and student learning outcomes in social studies learning using flannelgraph media. The method was Classroom Action Research (CAR) which adapted the Kemmis and Mc. Taggart with a spiral system through stages starting from planning, action, observation, and reflection. The instruments were observation sheets and tests. The results of data analysis that using flannelgraph media in social studies learning can increase motivation and learning outcomes. This can be seen from the percentage increases in student motivation in the first cycle is 67.84%, the second cycle increases to 78.95%, and in the third cycle increases to 93.57%. While the increase in learning outcomes can be seen from the completeness of each cycle. The first cycle is completed by 6 people or 31.57%, the second cycle increases to 16 people or 84.21% and in the third cycle it increases to 19 people or 95%.

 

Keywords: Motivation; Learning outcomes; Flannelgraph Media

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan media flanelgraf. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan sistem spiral melalui tahapan-tahapan yang dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Intrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Dari hasil analisis data bahwa menggunakan media flanelgraf pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hal ini terlihat dari persentase peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I 67,84%, siklus II meningkat menjadi 78,95%, dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 93,57%. Sedangkan peningkatan hasil belajar terlihat dari ketuntasan setiap siklus. Siklus I yang tuntas 6 orang atau 31,57%, siklus II meningkat menjadi 16 orang atau 84,21% dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 19 orang atau 95%.

 

Kata kunci: Motivasi; Hasil Belajar; Media Flanelgraf

 


References


Ali, M. (1992). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi.

Andriani, N. F., Maksum, A., & ... (2022). Media Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Dalam Muatan Pelajaran Ips Tema “Pahlawanku” Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan …, 10(1), 1–16. http://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/407

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.

Khoiriyatussoliha, N., Sutrisno, S., & ... (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan …, 10(1), 17–32. http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/409

Mangdalena, I., FatakhatusShodikoh, A., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1373/958/

Mufidaniati, M. (2013). Penggunaan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 01(02), 1–11. https://www.neliti.com/id/publications/250874/penggunaan-media-flanelgraf-untuk-meningkatkan-keterampilan-menulis-puisi-siswa

Oemar, H. (1990). Sistem Intership Kependidikan Teori dan Praktek.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.881

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.