PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS INTEGRASI ISLAM UNTUK OPTIMALISASI PENGUATAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA PESERTA DIDIK SD ITSE-OKU TIMUR

Tri Ratna Dewi, Resti Septikasari, Sholeh Hasan

Abstract


 Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis integrasi Islam agar peserta didik mengamalkannya. Metode yang digunakan adalah penelitian RnD dengan model lima tahap. Hasil penelitian ini adalah Bahan ajar tematik ini mengintegrasikan ayat-ayat Al-Qur’an dengan mencakup semua pelajaran umum Sekolah Dasar. bahan ajarl berbasis tematik  terintegrasi nilai-nilai islam pada pokok bahasan peduli lingkungan sosial mendapat tanggapan dengan dinyatakan valid, bahasa dan diperoleh respon sangat baik dan valid oleh peserta didik. Respon peserta didik SD IT terhadap modul berbasis tematik terintegrasi nilai-nilai islam mendapat respon positif dan peserta didik sangat tertarik dengan menggunakan bahan ajar tersebut dalam proses pembelajaran. Dengan mendapatkan persentase 85 % dinyatakan sangat valid pada uji coba skala kecil dan pada uji coba skala luas mendapatkan persentase 90 % dan dinyatakan sangat valid atau sangat baik

Abstract: The purpose of this R&D is to develop thematic teaching materials with the integration of Islamic values, so that students practice them. The method was R&D research with MANTAP model (five stages). The results of this study are that this thematic teaching material is integrated to the verses of the Qur'an by covering all of the general elementary school subjects. This social care teaching material is received by the students positively. This module is received well and the students want to use the teaching materials in their learning. On a small test, the percentage is 85%, considered very competent, on a large test, the percentage is 90%, considered very good. It is valid or very good.

 Keywords: Thematic teaching materials, Islamic Integration

 

Abstrak: Tujuan R&D ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar tematik dengan integrasi nilai keislam agar peserta didik mengamalkannya. Metode yang digunakan adalah penelitian R&D dengan model MANTAP (lima tahap). Hasil penelitian ini adalah Bahan ajar tematik ini mengintegrasikan ayat-ayat Al-Qur’an dengan mencakup semua pelajaran umum Sekolah Dasar. Materi ajar peduli lingkungan sosial ini mendapat tanggapan yang positif dan diterima dengan sangat baik oleh para siswa. Modul ini diterima dengan baik dan siswa ingin menggunakan bahan ajar dalam pembelajaran mereka. Pada tes kecil persentase 85% dianggap sangat kompeten, pada tes besar persentase 90% dianggap sangat baik. valid atau sangat baik.

 

Kata Kunci: Bahan ajar tematik, Integrasi Islam


References


Abudin Nata. (2013). Kapita Selekta Pendidikan Islam; Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendiidkan Islam. Rajawali Press.

Ali F Cholil. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. 1(1).

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Bambang Subahri. (2019). Pengaruh Nilai-Nilai Agama dan Kecerdasan Moral terhadap Prestasi Belajar Afektif. Jurnal: DAKWATUNA (Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam), 5(2).

Ismatullah, & Nur H. (2019). . Internalisasi NIlai-Nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhlakul Kharimah Peserta Didik. Jurnal Tarbiyatu Wa Ta’lim. Jurnal Pendidikan Islam (JPAI), 1(1).

Kasosih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Tri Ratna Dewi. (2016). Pengembangan Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MI Maarif Bego Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.866

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.