Pengembangan Media Busy Book untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan pada Mata Pelajaran IPA Kelas V

Rahmawati Iswantary, Donna Boedi Maritasari, Abdul Aziz, Aswasulasikin Aswasulasikin

Abstract


Abstract: This study aims to develop learning media in the form of Busy Books to improve students' environmental literacy in science subjects for class V. This study uses the ADDIE development model that has been developed by Robert Maribe Branch, which consists of five steps, namely analysis, design, development, implementation, evaluation. The results of media validation get results in the "good" category with a score of 40 (33.96 < X 41.88), while the validation results from material experts get results in the "very good" category with a score of 47 (X > 41.88), and finally the validation results from linguists got results in the "good" category with a score of 40 (33.96 < X 41.88). While the results of small-scale trials obtained scores in the "agree" category with a score of 32.8 (27.18 < X 33.54) and the results of large-scale trials scored in the "strongly agree" category with a score of 36.8 (X > 33, 54). Based on these data, the media developed can be said to be feasible to use.

Keywords: Media, Busy Book, Environmental Literacy

 

 

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Busy Book untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini  menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah dikembangkan oleh Robert Maribe Branch, yang terdiri dari lima langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Hasil validasi media mendapatkan hasil dalam kategori “baik” dengan skor 40 (33,96 < X ≤  41,88), sedangkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan hasil dalam kategori “sangat baik” dengan skor 47 (X > 41,88), dan terakhir hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan hasil dalam kategori “baik” dengan skor 40 (33,96 < X ≤  41,88). Sedangkan hasil uji coba skala kecil memperoleh skor dalam kategori “setuju” dengan skor 32,8 (27,18 < X ≤  33.54) dan hasil uji coba skala besar skor dalam kategori “sangat setuju” dengan skor 36,8 ( X > 33,54). Berdasarkan data tersebut, media yang dikembangkan dapat dikatakan layak untuk digunkan.

Kata Kunci: Media, Busy Book,  Literasi Lingkungan

 

References


Agrestin, Ira, and Eka Cahya Maulidiyah. 2021. “Pengembangan Media Big Book Terhadap Pengetahuan Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 5(2): 90–111.

Darmawan, Dr. cecep Kustandi & Dr. Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. 1st ed. ed. Dr. cecep Kustandi & Dr. Daddy Darmawan. Jakarta: KENCANA.

Irsalina, Yuliyati et al. 2020. “Pengembangan Media Busy Book Berbasis Metode Global Pada Pembelajaran Membaca Permulaan.” Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(4): 527–39. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP.

Kurniati, Agusta, Daniel Dike, and Lusila Parida. 2021. “Pengembangan Literasi Lingkungan Untuk Membangun Sekolah Sehat Dan Hijau Di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang.” Jurnal Abdidas 2(2): 223–30. https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/243.

Kusumaningrum, Diana. 2018. “Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd.” Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) 1(2): 57–64.

Maesaroh, Siti, Bahagia, Kamalludin. 2021. “Strategi Menumbuhkan Literasi Lingkungan Pada Siswa.” Jurnal Basicedu 5(4): 2156–63.

Rizki, Etie Novia, and Meita Fitrianawati. 2020. “Pengembangan Media Busy Book Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Untuk Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar.” Fundamental Pendidikan Dasar 3(3): 101–12.

Untari, Mei Fita Asri, Muhammad Arief Budiman, and Dewi Kusumaningrum. 2018. “Pengembangan Media Quiet Book Untuk Pembelajaran Tematik Keluargaku Sekolah Dasar Kelas I.” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 3(4): 376.

Utami. I. D. 2018. Pengembangan Media Busy Book Materi Aturan Dalam Keluarga Untuk Kelas III SD Negeri Sedayu Bantul.

Wulandari, Eka. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Book pada Sistem Pencernaan untuk SMP Kelas VIII.

Yulianti, Vivi, and Diana Kusumaningrum. 2021. “Analisis Keterampilan Literasi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020.” 1(1): 6.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.854

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.