PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD

Tia Ivanka Eqtha Suci, Hermansyah Hermansyah, Jayanti Jayanti, Ana Theriana

Abstract


Abstract: This study aims to find out how the influence of flipped classroom learning models through mathematical results of elementary school class students. The study samples were two classes randomly selected, class III A and class III B at SD Negeri 135 Palembang. This study uses experimental research methods. The method of collecting student activity data were documentation and observation, while the study data are collected using multiple-choice tests. The researcher was applied a posttest-only control design. Research data analysis methods use quantitative analysis using independent sample t-test tests. The result showed an average posttest of the experimental class of 77.78% and a control of 60.33%. There are learning outcomes and the significance influences were in flipped classroom learning model. The SPSS version 25 indicates that Ho was rejected and Ha was accepted, it means that there was an effect of the flipped classroom learning model on the math results of third-grade students. The conclusion was the learning process with flipped classroom successfully influenced to the students’ outcomes.

Keywords: Learning Models, Flipped Classrooms, Learning Outcomes.

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD. Sampel penelitian ini adalah dua kelas dipilih secara random sampling yaitu, siswa kelas III.A dan siswa kelas III.B di SD Negeri 135 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis eksperimen. Metode pengumpulan data aktivitas siswa melalui dokumentasi dan observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda hasil belajar. Peneliti menerapkan desain posttest-only control design. Metode analisis data penelitian menggunakan analisi kuantitatif menggunakan uji independent sample t-test. Hasil menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen 77,78 % dan kontrol 60,33%. Hasil tersebut terlihat dapat menyatakan bahwa terdapat hasil belajar dan signifikan pada pengaruh model pembelajaran flipped classroom menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika kelas III SD berpengaruh dengan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model pembelajaran, flipped classroom, Hasil Belajar.


References


Abidin, M. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Penguasaan Rumus Transformasi Geometri. Journal On Pedagodical Mathematic, 1(2), 49–60.

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, D. E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–1934.

Hutauruk, & Simbolon. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 121–129. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/9770/9295

Jayanti, & Marhamah. (2020). Learning Number Based Theory on Edmodo Using the Context PMRI of the Palembang PGRI Building and Apam Cake. Proseding Wos: Atlantis Press, 513. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.166 p 582-587

Nugraha, A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 270. https://media.neliti.com/media/publications/325432-studi-pengaruh-daring-learning-terhadap-20979c82.pdf

Santoso, & Subagyo. (2017). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Di Smk Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 40.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, CV.

Susanti & Pitra. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 57. https://jurnal.unbrah.ac.id/index.php/heme/article/view/242/192

Wahyu, B. S., & Hilga, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri. JPSD, 4(2), 229.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.770

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.