Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peranan kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar.
Hipotesis penelitian ini adalah : (1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; (2) terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; (3) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru.
Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi Kalimantan Barat dengan menggunakan metode survey. Total populasi 105 orang guru dan pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X3), dengan persamaan regresi = 53.909 + 0.692 X1, koefisien korelasi r13 = 0.713, dan p31 = 0.489. (2) terdapat pengaruh langsung peranan Profesionalisme Guru (X2) terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X3), dengan persamaan regresi = 73.890 + 0.568 X2 koefisien korelasi r23 = 0.661, dan p32 = 0.341. (3) terdapat pengaruh langsung peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Profesionalisme Guru (X2) dengan persamaan regresi 2 = 43.815 + 0.742 X1, koefisien korelasi r12 = 0.656 dan p21 = 0.656.
Kata-Kata Kunci: Kepemimpinan, Profesionalisme dan Implementasi KTSP SD
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v1i1.62
Article Metrics
Abstract view : 224 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 229 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Contact:
Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com
STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi
__________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.