STRATEGI PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB KEPADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hasil meningkatkan karakter tanggung jawab kepada peserta didik melalui kegiatan pendampingan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi dalam pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah guru dan 6 orang peserta didik kelas I SDN 2 Kerta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi memperkuat karakter tanggung jawab melalui pendampingan belajar peserta didik yang mampu melaksanakan dengan baik oleh guru serta memberikan hasil yang baik bagi peserta didik terhadap peningkatan karakter tanggung jawab yang diberikan.
Kata Kunci: strategi, tanggung jawab, pendampingan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ambaryanti, R. (2013). Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di RA Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. 2(2). 43-49.
Danim, S. (2013). Pengantar Kependidikan Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kementrian Kesehatan RI. (2020). Info Corona Virus Archives: Info Infeksi Emerging Kementrian Kesehatan RI. Jakarta: Kemenkes RI. Diakses pada 23 September 2020. Retrieved from https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info corona-virus/
Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3(1). 69-80.
Ike, J.T., dkk. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orng Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi. 8(1). 99-113.
Rahayu, G.D.S., dan Dida Firmansyah. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 17-25 .
Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling. 2(1), 97-103.
DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.490
Article Metrics
Abstract view : 306 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact:
Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com
STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi
__________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.