Analisis Strategi Guru dalam Pembelajaran Tematik saat Pandemi di Kelas III SDN Kauman 5

Laila Nur Hidayati, Prima Rias Wana, Djoko Hari Supriyanto

Abstract


Masa pandemi membuat pembelajaran khususnya di sekolah dasar diselenggarakan secara daring, sehingga perlu adanya perubahan dalam penggunaan strategi pembelajaran yang cocok digunakan untuk melakukan pembelajaran tematik secara daring. Penelitian ini menganalisis strategi guru dalam pembelajaran tematik saat pandemi di kelas III SDN Kauman 5. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru saat melakukan pembelajaran tematik saat pandemi dan juga mengetahui faktor yang menjadi penghambat dari penggunaan strategi tersebut. Objek yang diteliti yaitu kelas III di SDN Kauman 5 dengan data yang diambil dari wawancara guru dan kepala sekolah dan juga observasi yang dilakukan kepada siswa kelas III. Hasil yang diperoleh yaitu strategi yang digunakan oleh guru yaitu dengan ekspositori dan pembelajaran dilakukan secara daring melalui aplikasi Whatsapp dan juga simpel. Pembelajaran dilaksanakan melalui daring dengan menggunakan whatsapp sebagai media pembelajaran juga menggunakan Simpel sebagai sumber belajar lainnya. Guru membentuk kelompok belajar agar memudahkan dalam proses pembelajaran.  Faktor yang menjadi penghambat yaitu antusias siswa yang kurang, sinyal internet yang kurang memadai dan juga materi ajar yang tidak dapat mencapai target.

 


References


Ain, Nurul, and Maris Kurniawati. 2012. “Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Nurul.” Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, 316–28.

Anitah, Sri. 2009. "Strategi Pembelajaran di SD". Universitas Terbuka Edisi 1.

Halimah, Leli. 2017. “Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad Ke-21”. PT Refika Aditama Edisi kedua Juli 2019.

Haqien, Danin, and Aqiilah Afiifadiyah Rahman. 2020. “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5 (1). Khusniyah, Tri Wardati, and Prima Rias Wana. 2020. “Persepsi Mahasiswa PGSD Pada Inovasi Pembelajaran Berbasis E-Learning.” Wahana Sekolah Dasar 28 (1): 1–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/.

Mohammad Yazdi. 2012. “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Ilmua Foristek 2 (1) (1): 143–52.

Pendidikan, Sarjana. 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sd Ptq Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020 Skripsi.”

Rahartri. 2019. “‘Whatsapp’ Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan Puspiptek).” Visi Pustaka 21 (2): 147–56.

Rias Wana, Prima, Dan Pradistya, and Arifah Dwiarno. 2018. “Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Bangsa 5 (2): 143–56.

Sabran, and Edy Sabara. 2019. “Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar, 122–25.

Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Djoko Hari, and Arum Dwi Rahmawati. 2019. “Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Styrofoam Kelas III SDN Tambakromo II Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi.” Jurnal Pendidikan Modern 4 (3): 10–17.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v9i2.397

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.